Pelajar SMA Operasikan Bisnis Berbasis Sosial di Sekolah

Kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi ‘Youth Sociopreneurship Initiative’ yang didukung pendanaan dari Citi Foundation. Melalui program ini, para pelajar dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah. Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan. Selama periode program, para pelajar juga mendapatkan pendampingan bisnis secara intensif dari mentor PJI dan karyawan Citibank yang tergabung dalam Citi Volunteers.

Dzaky Muhammad Abdullah Rahim, pelajar SMAN 10 Bandung yang menjadi President Director HOW SC menjelaskan bahwa dirinya memiliki wawasan baru mengenai wirausaha dari program Student Company. “Membuat bisnis yang menguntungkan sudah biasa, tetapi yang bisa menghasilkan profit sekaligus bermanfaat itu luar biasa. Selain produk yang menjawab permasalahan, kami juga memiliki kegiatan corporate social responsibility sebagai bentuk keseimbangan antara keuntungan yang diraih dengan kontribusi sosial yang diberikan. Terima kasih PJI dan Citibank atas pengalaman dan motivasi yang diberikan,” paparnya.

Kelima sekolah bersaing memperebutkan gelar ‘The Best Student Company in Bandung’ dalam kompetisi ini. Satu sekolah terbaik akan mewakili Jawa Barat untuk bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company Competition 2019, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Agustus mendatang. (rls/drx) 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan