Cisumdawu Rampung 2020

“Kami sudah bersurat ke Pe­rum Perhutani dan Kement­erian BUMN untuk meman­faatkan tanah Perhutani seluas 100 hektar. Ibu Menteri Ling­kungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sudah saya hubungi dan prinsipnya oke, sehingga kita sudah bisa mulai konstruksi. Tinggal seksi 4 dan 5 yang ta­nahnya memang masih dalam proses pembebasan, kita akan upayakan percepat” kata Men­teri Basuki.

Dengan beroperasinya se­luruh ruas Jalan Tol Cisum­dawu ditambah jalan provin­si sebagai penghubung (74 km) dapat memangkas jarak Bandung- BIJB Kertajati dibandingkan jalur jalan na­sional Bandung-Jatibarang (202 km) ditambah jalan provinsi Jatibarang-Kertajati (29 km) atau via Jalan Tol Cipularang-Cipali-Jalan Provinsi (135 km).

Selain itu beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu juga sangat diharapkan akan mem­perlancar konektivitas antara Jawa Barat bagian Selatan menuju Utara karena meng­hubungkan dua Tol yang telah beroperasi yakni Tol Purbaleu­nyi dengan jalan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali).

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki Direktur Jen­deral Bina Marga Sugiyar­tanto, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit, Direktur Preservasi Jalan Ditjen Bina Marga Atyanto Busono, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga Hari Suko Setiono, dan Kepala Biro Ko­munikasi Publik Kementeri­an PUPR Endra S. Atmawi­djaja. (ful/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan