Long H-March

Perusahaan chips Amerika tentu akan kehilangan omset sebesar itu.

Huawei pun ternyata aman.

Ups… belum!

Amerika terus cari jalan mengajar Huawei. Ketemu. Google diminta untuk men­ghentikan kerjasamanya dengan Huawei. Google App, Google Play, YouTube dan Gmailnya tidak boleh lagi dipakai Huawei.

Pemilik HP Huawei, seper­ti saya, masih terus bisa meng­gunakan fasilitas milik Goog­le itu. Tapi untuk produk Huawei yang baru sudah tidak boleh lagi.

Belum ada penjelasan ba­gaimana Huawei mengatasi hukuman terbaru ini. Di pasar Tiongkok tidak ada masalah. Di Tiongkok Google memang sudah lama dilarang. Tiongkok punya ‘google’ – nya sendiri: Baidu.

Tapi untuk pasar Huawei di luar Tiongkok perlu ada pen­jelasan khusus. Itulah yang lagi ditunggu dunia. Yang jelas Huawei tidak akan ting­gal diam. “Dalam dua tiga tahun ke depan Amerika ma­sih belum bisa mengejar Hu­awei,” ujar Ren Zhengfei, pendiri Huawei.

Begitu seru langkah-langkah Trump.

Baru kali ini terjadi. Negara melawan satu perusahaan swasta.

Trump terus mempertahan­kan prinsipnya: sudah ter­lalu lama Amerika mengalah ke Tiongkok. Di bidang per­dagangan. Ia tidak menyala­hkan Tiongkok. Ia selalu me­nyalahkan presiden-presiden Amerika sebelumnya. Yang tidak mau berbuat seperti yang ia lakukan sekarang ini.

Tiongkok sendiri masih te­rus cari akal. Apa lagi yang bisa dilakukan. Setelah tidak mau mengimpor kedelai, ja­gung dan babi dari Amerika.

Dua hari lalu Presiden Xi Jinping melakukan kunjung­an ke daerah selatan. Ke pro­pinsi Jiangxi. Ke satu pegun­ungan di perbatasan dengan Fujian. Ke desa Yudu.

Di situ ada monumen ber­sejarah. Tempat Mao Zedong dulu memulai long march. Menghindari kejaran tentara nasionalis pimpinan Chiang Kai Shek.

Dari situ Mao dan pengikut­nya melakukan perjalanan jauh. Yang melelahkan. Dan membahayakan. Menerobos pegunungan-pegunungan tinggi. Melintasi enam pro­pinsi. Sambil menyusun ke­kuatan. Dan kehilangan se­paro tentaranya. Terutama saat menyeberang sungai ganas di Guangxi. Di saat banjir besar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan