6,82 Juta Masih Nganggur

Terpisah pengamat eko­nomi dan bisnis dari Univer­sitas Gadjah Mada, Mudrajad Kuncoro mengatakan usaha kecil menengah mampu mem­berikan solusi dalam menga­tasi masatah pengangguran di Indonesia.

Meski pertumbuhan eko­nomi melambat hingga 0,5 persen, potensi UKM tetap tidak akan terpengaruh ka­rena potensi UKM tidak ter­fokus pada perkembangannya, tapi pada tenaga kerja.

“Potensi UKM memang tidak banyak di pertumbuhan eko­nomi, tapi banyak di potensi penciptaan lapangan kerja. Alasannya, kita hitung mul­tiplier output tenaga kerja lalu multiplier ekspor. Nah, UKM ini yang lebih dominan adalah multiplier tenaga kerja,” ujarnya.

Untuk mendukung pertum­buhan UKM agar dapat mem­berantas pengangguran, Mudrajad meminta BUMN memberikan dukungan ke­pada UKM secara berkesinam­bungan. “Jadikan UKM seba­gai mitra berprogres, tidak hanya sekadar objek CSR,” kata Mudrajad.

Dengan demikian, UKM dan BUMN dapat menjadi mitra maju bersamaan dalam mem­berantas pengangguran. Kon­sep kerja sama ini sudah di­usung oleh Korea dan Jepang sehingga UKM di dua negara tersebut bisa menjadi besar dan mendukung perekono­mian bangsa. “UKM bisa di­jadikan bagian integral dan core bisnis. Tapi, sayangnya di Indonesia semua masih jalan sendiri-sendiri,” ujar Mudrajad. (ful/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan