Quick Count Bukan Harga Mati

Tak hanya menwujudkan pemiliu bersih, Prabowo juga bertekad tidak akan gunakan TNI-Polri untuk kepentingan politik pribadi dan kelom­poknya. Prabowo juga ber­janji BUMN tidak akan diguna­kan untuk kepentingan poli­tiknya.

”Saya mantan TNI, saya tidak akan gunakan TNI-Polri untuk kepentingan politik kelompok saya. Saya tidak akan meng­gunakan BUMN untuk kepen­tingan politik saya atau kelom­pok saya,” kata dia.

Sementara itu berdasarkan hasil quick count delapan lembaga survei pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden 01 Joko Widodo-Maruf Amin mengguli pasangan nomer dua. Meski muncul kalim 02 paling unggul berdasarkan penghitungan cepat Exit Poll.

Pengamat Politik dari Rumah Rakyat, Maruli Hendra Utama mengatakan, klaim yang disampaikan Prabowo pun, sesuatu yang lumrah. Karena dimungkinkan ada refrensi lain. Yang menang dari pesta ini adalah rakyat.

”Ini pesta demokrasi paling besar di Indonesia dan sejarah baru. Semua berjalan lancar. Problem adanya friksi-friksi di beberapa tempat, itu hal biasa. Ini soal ketidakpuasan,” paparnya.

Tim BPN Andre Rosiadi me­nambahkan, lembaga survei telah membangun narasi, telah menggiring opini. Dan di lapangan sudah terjadi in­dikasi kecurangan di beber­apa daerah.

”Kita kan sudah memahami bahwa hasil hitugan cepat itu merupakan bagian dari pem­bentukan opini. Ini sudah dilakukan sebelum hari H pencoblosan,” timpalnya.

Penggiringan opini tersebut, lanjut Andre menyebabkan, dampak negatif terhadap ha­sil Pilpres.

”Kami sedang mengumpul­kan data-data dan temuan yang ada di lapangan. Tentu kami pun tidak tinggal diam. Selain menunggu keputusan resmi dari KPU, kami pun mempersiapkan langkah-langkah lain. Ya bisa saja ke MK lakukan gugatan,” papar­nya.

Sementara itu, Ketua Ha­rian Tim Kampanye Nasional (TKN) Moeldoko mengatakan, hampir semua lembaga sur­vei telah merilis hitungan cepat. Dan seluruhnya me­menangkan pasangan Jokowi-Maruf Amin.

”Kami enjoy. Menikmati seluruh rangkaian yang ada. Dan Pak Jokowi sudah mem­berikan statmen tadi. Bahwa publik bisa melihat hasilnya, dan merasakan Pemilu kali ini berjalan lancar,” timpal­nya. (fin/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan