Kolaborasi Pemprov Jabar Bersama bank bjb yang Semakin Inovatif

Terkait pengembangan ekonomi daerah, bank bjb juga memiliki program OVOC atau One Village One Company. Program 1 desa 1 perusahaan ini diselenggarakan guna memajukan ekonomi perdesaan.

Inovasi lainnya terkait layanan. Bank bjb baru-baru ini meluncurkan layanan Samsat J’Bret. Istilah ini berasal dari Bahasa Sunda yakni Jabar ngabret yang artinya Jabar kencang. Layanan Samsat J’Bret ini untuk mengoptimalkan layanan Samsat di Provinsi Jawa Barat. Ada beberapa layanan dari Samsat J’Bret di antaranya E-Samsat untuk melayani Pembayaran PKB & BBNKB  melalui ATM bank bjb, bjb Net dan bjb SMS banking.

Ada juga layanan T-Samsat untuk pembayaran PKB dan BBNKB melalui tabungan bank bjb secara autodebet dan bisa dicicil di awal. Selain itu, ada layanan SIPOLIN atau Sistem Informasi Pajak Online milik Polda Jabar. Aplikasi berbasis android ini untuk mengecek informasi pajak kendaraan dan pembayarannya link dengan bjb SMS banking.

Termasuk dalam layanan Samsat J’Bret adalah SIPANDU atau Sistem Pendapatan Terpadu. Ini merupakan layanan untuk registrasi pembayaran pajak dan retribusi provinsi dan  mengeluarkan kode bayar sebelum dibayarkan ke bank bjb. Ada juga layanan SAMBARA atau Samsat Mobile Jawa Barat, yaitu aplikasi di android untuk cek info pajak  kendaraan bermotor yang pembayarannya link dengan bjb Net dan bjb SMS banking.

Inovasi terakhir, kata Agus adalah terkait pengembangan teknologi Informasi dan digital banking. Bank bjb sejak 2014 meluncurkan aplikasi bjb DIGI. Saat ini terdapat 147.817 user bjb DIGI dengan transaksi rata-rata per bulan sebanyak 966 ribu transaksi senilai Rp 455 miliar.

Kecuali itu, bank bjb juga berupaya meningkatkan layanan digital, antara lain mengembangkan E-Money Server Based untuk transaksi menggunakan QR Code. Selain itu, mobile banking bank bjb kini lebih user friendly dan ada penambahan fitur lainnya. Bank bjb juga memberikan layanan self service banking machine atau E-Kiosk dan transaksi menggunakan chat board. Ada pula layanan digital Laku Pandai, New EDC dan virtual assistant.

”Dengan hadirnya produk-produk digital tersebut kami harapkan dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan transaksi bagi nasabah kami,” pungkas Agus. (adv)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan