Pemkab Bandung Masuk Nominasi 8 Besar PPD Nasional 2019

“Pencapaian prestasi ini, pada gilirannya akan memberikan dampak positif, terhadap pencapaian Visi Kabupaten Bandung yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing, dimana muara dari semua keberhasilan itu untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bandung Ir.Ernawan Mustika menjelaskan, PPD merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras daerah dalam merencanakan dan pencapaian target pembangunan.

PPD tersebut lanjutnya, memiliki IV tahap, tahap I penilaian dokumen di tk provinsi , tahap II presentasi tingkat provinsi, tahap III presentasi tingkat nasional dan tahap IV peninjauan lapangan penilaian tingkat nasional bagi yang meraih peringkat terbaik di provinsi.

Kabupaten Bandung lolos ke tahap IV penilaian PPD setelah mendapat nilai terbaik dalam penilaian Tahap III, mewakili Provinsi Jabar. “Pada seleksi tahap III di Bappenas, Rabu lalu (20/3), kita juga diminta memaparkan secara langsung program-program unggulan Kabupaten Bandung, di hadapan tim penilai yang terdiri dari pemerintah, akademisi dan juga para profesional yang ahli di bidang pembangunan daerah,” terangnya.

Pada tahap I penilaian PPD jelas Ernawan, dilakukan penilaian teknis terhadap dokumen RKPD, tahap II untuk verifikasi dan wawancara proses penyusunan dokumen RKPD pada tingkat provinsi, kemudian tahap III dilakukan verifikasi wawancara pada tingkat nasional dan tahap IV peninjauan lapangan oleh tim penilai dari pemerintah pusat. “Dan paparan, sebagai salah satu indikator pelaksanaan PPD Tingkat Nasional, terkait proses penyusunan dokumen RKPD, kualitas dokumen RKPD, pencapaian dan inovasi pembangunan yang dilaksanakan,” tandasnya. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan