DPMDesa Bangun 20 Jembatan Desa

“Kegiatan fisik dan pengawasan di 6 UPTD pengelola jalan dan jembatan Jabar pada 2019 mencapai 102 paket pengerjaan,” ujar Eddy pada acara Japri belum lama ini.

Selain itu, pagu anggaran untuk fisik total Rp 860 miliar. Anggaran tersebut, untuk peningkatan jalan dan jembatan milik provinsi mencapai Rp 242 miliar dan rehabilitasi Rp 617 miliar.

Adapun proyek strategis Bina Marga tahun ini, kata dia, di antaranya untuk pembangunan Al Jabar, fly over Gatsu Laswi, fly over Supratman jalan Jakarta, dan penataan Dipenegoro.

“Kami pun tahun ini akan membangun jalur penyelematan Bandung Subang. Selain dari APBD anggarannya juga ada pemerintah pusat,” katanya.

Menurut Eddy, anggaran total Dinas Bina Marga Jabar tahun ini sebesar Rp 1,2 triliun. APBD Provinsi tersebut, yang digunakan untuk belanja modal sekitar 30 persen. Sisanya, untuk bantuan kabupaten/kota.

“Kami pun harus memonitor juga anggaran bantuan ke kabupaten/kota yang penting harus sesuai dengan tujuan pembangunan kita,” katanya.

Eddy mengaku, Pemprov Jabar hanya bisa memenuhi sekitar 10 persen dari yang bisa disiapkan. Sisanya, bisa dari investasi swasta, kerja sama atau CSR.

“Sudah saatnya mendorong yang mengembangkan kawasan punya kewajiban membangun jalan. Kan harus ada interkoneksi dengan daerah lainnya. Agar berkontribusi ke pembangunan jalan dan daerah ikut memelihara,” kata dia. (mg2/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan