Kenali Rekam Jejak Caleg, Jangan Salah Pilih

Misalnya, melalui web KPU untuk melihat riwayat hidup caleg. Termasuk laman DPR RI dan DPRD untuk melihat kinerja lembaga legislatif, putusan tindak pidana korupsi, pemberitaan-pemberitaan di media, dan sumber-sumber lainnya.

“Untuk mempermudah masyarakat mencari tahu latar belakang caleg, kami juga sudah membuka web yang bisa diakses masyarakat luas,” kata Mahardika.

Kebutuhan informasi mengenai caleg pun sudah menjadi latar belakang sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerhati pemilu, untuk menyediakan informasi caleg bagi pemilih.

Ditambah lagi, informasi dan perbincangan seputar pemilu presiden lebih mendominasi dan menenggelamkan perhatian publik terhadap caleg. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi, saat ini sudah terbentuk sejumlah portal informasi yang salah satu tujuan utamanya adalah membantu pemilih mengenal lebih jauh caleg pemilu 2019.

Untuk membantu masyarakat mengenali caleg yang akan dipilih, dari ICW sendiri telah meluncurkan portal Rekamjejak.net. Di dalam situs tersebut, ICW menyediakan informasi mengenai politik, bisnis, dan jejak kasus anggota DPR periode 2014-2019.

Sedangkan Perludem mengembangkan portal Pintarmemilih.id yang menyediakan seputar data dan informasi Pemilu 2019. Terutama data daerah pemilihan, profil partai, profil caleg, profil capres, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, sejumlah LSM telah meluncurkan situs yang bisa diakses untuk digunakan masyarakat dalam menelusuri latar belakang Caleg. (riz/ful/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan