Verifikasi Inovasi Jabar

’’Berikut juga untuk Inovasi kabupaten/Kota. Kita secara paralel terus melakukan me­nyaringan oleh tim penilai,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Bap­peda Jar M Taufik Budi San­toso mengatakan, inovasi yang dimiliki Provinsi jabar ada 37 yang merupakan program juara Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Dia menilai, Pada Inovasi tersebut ada cara pandang baru dalam mensyusun pe­rencanaan, salah satunya dengan menerapkan Pentha­helix yaitu, kerterlibatan dari pihak akademisi, para pelaku bisnis, komunitas dan pihak lainnya.

’’Itu menjadi bagian penting dalam pengembangan Inovasi,”kata dia.

Selain itu, Inovasi juga bisa dengan melakukan kolabo­rasi pendanaan. Dan yang suda dirasakan manfaatnya seperti pembangunan Ban­dara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Taufik menuturkan, inovasi sebetulnya sarana untuk mem­berikan pelayanan lebih baik. Sehingga kedepan bisa mengimbangi perubahan yang dinamis.

’’Pa gubenur kan sudah me­minta bahwa saat ini pemerin­tahan kita sudah Dinamic Govermen artinya kita harus beradaptasi dengan kebutu­han,” kata dia.

Di era industrialisasi sekarang pemerintahan harus sudah bisa menyesuaikan per­kembangan teknologi digital, seperti Aplikasi, Digitalisasi adalah bagian dari proses Inovasi aplikasi yang kita la­kukan.

’’Jadi ada tiga kelompok yaitu bagaimana kita menyi­apkan aplikas, menyiapkan permodelan, dan ketika me­nyiapkan simulasi.Jadi ketiga itu adalah bagian dari layanan inovasi pemprov Jabar,” ucap dia. (yan)

Disinggung mengenai apa­kah peluang lolos oleh tim penilai, dia meyakini inovasi-inovasi yang jadi unggulan pemprov Jabar seperti pembangunan desa One Vil­lage one Company, One Pe­santren One Produk, Desa Digital, yang termasuk keda­lam 37 Inovasi lainnya dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jabar. Namun, untuk penilaian harus diserahkan sepenuhnya kepada tim eva­luasi.

’’Tahap pertama sudah kita lalui jadi kita menunggu saja, dan kita sudah menyampaikan dan tim penilaian ini besok ren­cananya akan melihat BIJB un­tuk memverifikasi ke lapangan langsung,” pungkas Taufik. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan