Unikop Bakal Gusur Unicorn

“Konsep bisnis platform itu kan hanya bisnis cangkang. Jadi sangat rentan sekali kalau konsepnya itu seperti pengejaran Unicorn seperti selama ini. Selain sangat rentan isu seperti kasus Bukalapak, juga sangat rentan bagi penggunaan data-data pribadi untuk kepentingan para pemilik modal. Kalau basis koperasi maka semua orang bisa ikut kendalikan kebijakan pengelolaan datanya,” jelas Suroto.

Suroto menambahkan, selama ini ada ribuan anak-anak muda kreatif yang telah jadi residu sosial dalam pengejaran Unicorn. Mereka itu sudah banyak yang babak belur.

“Bayangkan saja, dari ribuan bisnis platform yang ada hanya lahirkan tiga Unicorn. Lalu yang ribuan lainnya ke mana?,” tanya Suroto.

Jadi, Koperasi itu sebenarnya adalah konsep bisnis masa depan yang memungkinkan partisipasi semua orang. Koperasi itu konsep bisnis masa depan yang demokratis dan berkeadilan.

SebelumnyaSandiaga Uno mengunjungi Waterboom Wisata Trita Srinadi di Deda Gelgel, Klungkung, pada Sabtu (23/2) lalu. Tempat wisata itu adalah milik koperasi dengan skala usaha dengan nilai hingga Rp250 miliar.

Dalam kesempatan bertemu warga dan relawan pendukung Prabowo-Sandi, digunakan untuk memperkenalkan Unikop.

“Beruntung bisa hadir di koperasi Srinadi yang bisa jadi unikop. Kalau ada unicorn yaitu usaha rintisan dengan nilai valuasi minimal Rp1 triliun, unikop berarti koperasi yang memiliki nilai valuasi sampai Rp 1 triliun,” kata Sandi. (din/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan