Peringati Bahasa Ibu dengan Menulis Aksara

CIAMIS – Para siswa SMK BeNC bersama para guru dari sejumlah SMP/MTs di Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, semangat melatih menulis aksara Sunda di Gedung KawaS Sunda SMK BeNC Ciamis, Sabtu (23/2).

”Ini kerja bersama SMK BeNC yang memang fokus pada seni Karawitan Sunda bersama Nonoman Galuh, forum keluargaan pemuda-pemudi Tatar Galuh Ciamis yang memiliki rasa cinta terhadap tanah kelahiran bangga akan seni budaya tradisi, khususnya Aksara Sunda,” kata Ketua Dewan Pembina Elih Sudiapermana didampingi Ketua Pengurus Yayasan Drs Endang Cece, M.Pd, kemarin (24/2).

Tendi, sesepuh Nonoman Galuh mengatakan, acara latihan aksara Sunda tersebut bagian dari peringatan hari bahasa ibu. ”Kegiatan ini su­dah berjalan selama lima tahun. Sosialisasi dan kegia­tannya dari desa ke desa. Dari Ciamis ke Kawali hingga ke Rancah,” ungkap Tendi.

Tahun ini, kata dia, pering­atan bahasa ibu berkolabo­rasi dengan SMK BeNC. Sebab, SMK BeNC memiliki misi yang sama dalam memperkaya khazanah Kesundaan.

Dalam acara, kata dia, ada seserahan dan latihan menu­lis aksara Sunda, dari mulai cara manual hingga digital. Acara juga diisi dengan latihan cara melatih mengikat simpul ikat rupa-rupa ikat khas Sun­da. Lalu menampilkan lagu-lagu Sunda wanda Pelog dan Salendro.

”Peserta juga diajak bermain kaulinan urang lembur (mai­nan khas daerah, Red) hing­ga bermain angklung bersama,” tandasnya.

”Peserta tidak hanya hanya guru dan siswa SMK BeNC, siswa sejumlah SMP/MTs, kemudian komunitas Sakola Motekar yang ada Ciamis juga ikut bergabung,” kata Tatang ketua panitia penyel­engga.

”Acara ini utamanya ingin mengenalkan anggota No­noman di Tatar Galuh ke­pada segala ilmu pengeta­huan dan sinergitagas kesun­daan yang bisa dipelajari. Di samping itu, kegiatan juga diharapkan menjadi motivasi untuk Nonoman Tatar Galuh untuk melesa­rikan, mengembangkan dan melahirkan seni budaya yang bermanfaat untuk warga Sunda dan Nusantara,” pung­kasnya. (rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan