Hutan Kota Akan Dihiasi Flora dan Fauna

NGAMPRAH– Pemkab Bandung Barat akan me­nata Hutan Kota menjadi Taman Kota yang lebih in­dah dengan menghadirkan flora dan fauna jinak yang ramah terhadap manusia. Hutan Kota yang berada di Kompleks Pemkab Kabu­paten Bandung Barat di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, diharapkan menjadi tempat publik yang kerap dikunjungi masyara­kat.

“Selain menjadi kawasan hijau tempat berkumpulnya masyarakat, hutan kota yang namanya menjadi taman kota itu juga akan dimeria­hkan oleh kehadiran be­raneka satwa jenis unggas atau rusa,” kata Kepala Di­nas Perumahan dan Per­mukiman KBB Rachmat Adang Syafaat belum lama ini.

Menurutnya hal itu se­suai arahan Bupati Aa Um­bara Sutisna untuk mem­benahi taman kota agar bisa dirasakan oleh masy­arakat. Guna menata taman seluas 4,6 hektare itu, pi­haknya mendapatkan ku­curan bantuan alokasi dana bagi hasil dari pe­merintah pusat senilai Rp 5 miliar. Diharapkan dengan adanya kucuran dana dari APBN, taman kota bisa menjadi tempat bagi ma­syarakat untuk berkumpul atau berswafoto.

“Konsepnya saat ini sedang dirancang oleh tim konsul­tan, karena Bupati ingin di tempat itu terdapat telaga, ruang terbuka untuk anak-anak mengenal alam se­perti keberadaan sawah, pohon buah-buahan yang bisa dipetik dan dinikmati langsung, dan lain-lain. Sebab taman kota ini nanti­nya akan tersambung dengan plaza yang terdapat miniatur berbagai objek wisata di KBB,” sebutnya.

Selain itu, penataan juga dilakukan di taman-taman yang berada di sekitar kom­pleks pemkab. Termasuk juga pada tulisan ‘Kantor Bupati Bandung Barat’ yang dilakukan pengecetan ulang serta penambahan lampu sorot. Di sepanjang pede­strian di kompleks pemkab juga di tempatkan lebih dari 20 kursi hias yang er­gonomis untuk masyarakat atau tamu ke kantor pemda bersantai sejenak sambil menikmati suasana kom­pleks Pemkab Bandung Barat yang asri.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menging­inkan keberadaan taman kota yang terdapat di ka­wasan perkantoran ini men­jadi maskot dan bisa dinik­mati masyarakat untuk berwisata. Dirinya sudah menginstruksikan lima di­nas melakukan penataan agar taman kota pada tahun ini bisa dinikmati masyara­kat. Jika ditata dan dibuat menjadi lebih asri dengan ditanami buah-buahan, akan banyak masyarakat yang berkunjung, memetik, dan menikmati buahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan