Mapala Jalak Hitam Polibisnis Peringati HPSN

PURWAKARTA-Maha­siswa Pecinta Alam (Ma­pala) Jalak Hitam Polibisnis menjadikan momen Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan me-launch­ing Unit Bank Sampah dan menggelar Aksi Pungut Sampah, Kamis (21/2).

Bertempat di Kampus Polibisnis Jalan Veteran No. 74, Kelurahan Nagri Kaler, Purwakarta, peringatan HPSN kali ini mengangkat tema Selamatkan Bumi dengan Generasi Peduli Sampah.

Humas Mapala Jalak Hitam Polibisnis Ariana Larasati mengatakan, per­masalahan sampah men­jadi isu global. “Di sisi lain, kepedulian masyarakat, khususnya generasi muda terhadap sampah, dirasa masih minim,” ujar ma­hasiswi yang akrab disapa Apung ini.

Karenanya, kata Apung, Mapala Jalak Hitam Polibis­nis merasa turut bertang­gungjawab memberikan edukasi kepada generasi muda agar peduli terhadap permasalahan sampah.

“Sebagai langkah nyata dan bertepatan dengan HPSN, kami me-launching Unit Bank Sampah di bawah naungan Bank Sampah Pan­ulisan. Unit ini yang ke-8 di Purwakarta,” kata Apung.

Apung menjelaskan, terbentuknya Unit Bank Sampah Mapala Jalak Hi­tam Polibisnis berawal dari rutinitas anggota Jalak Hitam yang kerap meng­umpulkan botol dan gelas plastik di kantin.

“Bayangkan saja, dalam se­malam kami biasa mengum­pulkan 4-5 karung sampah plastik. Kemudian, jika dili­hat sepintas, botol dan gelas plastik ini adalah sampah. Padahal, sampah ini memi­liki nilai lebih,” ujarnya.

Karenanya, sambung Apung, kita tabung sampah-sampah itu di Unit Bank Sampah. “Setelah terkum­pul, sampah-sampah plastik ini secara rutin dan berkala diambil oleh Bank Sampah pusat,” katanya.

Sementara itu Ketua Ma­pala Jalak Hitam Polibisnis Ihsan Rinaldi menyebut­kan, sedikitnya ada 250 peserta yang mengikuti kegiatan ini. “Ke-250 pe­serta ini berasal dari berba­gai sekolah di Purwakarta,” ujar Ihsan.

Di antara peserta yang pal­ing antusias adalah kawan-kawan dari SLB yang sangat bersemangat mengikuti aksi pungut sampah.

“Kami juga mengucap­kan terimakasih kepada Mapala-mapala dari berba­gai kampus di Purwakarta. Bahkan kawan-kawan Ma­pala dari Subang, Karawang, Bandung, Jakarta, hingga Medan pun menyempatkan hadir,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan