Main Angklung Hingga Joget Despacito

Juara dunia MotoGP Marc Marquez mengeksplorasi kearifan lokal dalam kunjungan ke Bandung, Jawa Barat, Minggu (10/2). Pebalap asal Spanyol main angklung hingga asyik berjoget dalam kunjungannya ke Bandung.

Erwin Mintara D. Yasa, Bandung

MARC Marquez disuguhkan berbagai kesenian khas Jawa Barat ketika singgah di Saung Angklung Udjo. Juara dunia MotoGP lima kali itu terlihat menikmati pertunjukan. Dalam beberapa kesempatan dia tampak tersenyum melihat anak-anak dari sanggar Udjo bernyanyi, joget, dan memainkan angklung.

Dibekali angklung satu persatu, Marc Marquez dan yang lain memainkan lagu berjudul lagu Indonesia Bengawan Solo, hingga lagu Can’t Help Falling in Love oleh Elvis Presley, lagu dari Jepang berjudul Sukiyaki dan ditutup dengan penampilan Marquez menyanyikan lagu Besame Mucho diiringi oleh permainan angklung oleh para peserta.

”Saya sangat menikmati pertunjukan ini. Ini merupakan salah satu pertunjukkan terbaik yang pernah saya mainkan dan saksikan,” ujar Marquez yang terkesan dengan alat musik angklung yang dimainkannya.

Sementara itu, Production, Engineering, and Procurement Director AHM David Budiono mengatakan, bersama Marquez kesenian asli Indonesia ini akan semakin mendunia.

”Kami di AHM berkomitmen untuk terus melanjutkan upaya pelestarian budaya bangsa ini melalui program pembinaan budaya Angklung di kalangan generasi muda melalui sekolah-sekolah binaan,” kata David.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan, seni budaya angklung merupakan salah satu warisan asli budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO.

Sejak 2013, AHM secara konsisten melakukan pembinaan dan pelatihan para guru seni musik agar dapat mentransfer pengetahuan dan keterampilan bermain musik angklung kepada para generasi muda di 31 sekolah binaan Honda melalui Program Sekolah Binaan Angklung.

Selain itu AHM juga mengadakan pelatihan lanjutan kepada para guru untuk meningkatkan kemampuan agar lebih mahir dalam memainkan dan mengajarkan budaya angklung di berbagai sekolah binaan Honda.

Sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran budaya Angklung di masing-masing sekolah binaan, AHM bekerja sama dengan Saung Angklung Udjo menggelar kompetensi Pasanggiri Angklung yang telah digelar secara konsisten sejak 4 tahun lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan