Tiga Poin Harga Mati

“Saya tidak mengeluh tentang cedera yang dialami pemain-pemain saya karena memang itu faktanya. Saya tak meminta pemakluman ketika kami kehilangan poin lawan West Ham. Namun memang situasi kami sama sekali tak ideal,” ucap Klopp.

Gelandang Liverpool asal Brasil Fabinho kepada ESPN mengatakan sangat yakin jika kemenangan atas Bournemouth bakal membuat timnya kembali ke trek juara. Apalagi, rekor pertemuan Liverpool kontra Bournemouth di Anfield adalah tiga kali menang dan sekali seri.

“Kami menikmati performa yang brilian pada Desember silam. Sejatinya, itu hampir sempurna. Namun periode Januari ini penampilan kami meredup,” kata mantan gelandang AS Monaco tersebut.

Pada Desember lalu, Liverpool menang pada tujuh laga Premier League dan satu di Liga Champions. Sayang, laju mulus The Reds mulai tersendat sejak kalah 1-2 di tangan tuan rumah Manchester City (4/1).

Dalam analisis pundit ESPN Mark Ogden, lini serang Liverpool seharusnya lebih variatif sejak pergantian tahun ini. Sebab di antara enam laga Liverpool bulan lalu, nama pencetak gol hanya berkutat kepada tiga nama. Yakni Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane.

Jika dibandingkan dengan skuad City yang memiliki lebih banyak sosok pencetak gol, Ogden menilai Liverpool tidak mempunyai variasi yang solid untuk membobol gawang lawan. Ini yang menjadi poin penting bagi Liverpool untuk bisa menjauhkan diri dari kejaran City.

Dengan hanya tiga orang yang mencetak gol, menunjukkan kalau tidak ada kedalaman skuad di Liverpool saat ini. Xherdan Shaqiri, Daniel Sturridge, atau James Milner yang di bulan sebelumnya berkontribusi dalam mencetak gol tidak melakukannya pada Januari lalu,” tulis Ogden.

Klopp sebetulnya sudah melakukan variasi di lini tengah dibandingkan musim lalu. Adanya Naby Keita dan Fabinho musim ini membuat Klopp lebih mudah melakukan rotasi terhadap Henderson, Wijnaldum, dan Milner. Dan itu sangat terlihat dari peningkatan performa The Reds sampai Februari ini.

5 Pertemuan Terakhir
08/12/18: Bournemouth 0-4 Liverpool
14/04/18: Liverpool 3-0 Bournemouth
17/12/17: Bournemouth 0-4 Liverpool
06/04/17: Liverpool 2-2 Bournemouth
04/12/16: Bournemouth 4-3 Liverpool

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan