Proyek LRT Trase 1 Telan Rp 5 Triliun

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih terus membahas terkait pembangunan Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya. Proyek ini rencananya akan menggunakan pola pendanaan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa menjelaskan, usulan pola KPBU untuk proyek LRT Bandung Raya mengemuka dalam pertemuan yang dilakukan pihaknya dengan PT KCIC, PT Pilar Indonesia BUMN Indonesia dan PT Jabar Moda Transportas (JMT), di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Selasa (22/1).

“LRT nanti kalau hanya bisnis to bisnis enggak mungkin. Karena itu ada usulan KPBU, jadi kerjasama pemerintah dan badan usaha,” katanya.

Iwa juga mengungkapkan, trase untuk LRT Bandung Raya itu telah diusulkan kepada Kementrian Perhubungan. Tapi dia tida menjelaskan secara rinci trase tersebut. Namun yang jelas LRT itu akan melintasi beberapa wilayah seperti Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Sumedang.

“Trase LRT sudah diusulkan ke Kementerian Perhubungan, namun nanti hasil pengkajian ada yang perlu dikaji lagi terkait adanya TOD (transit oriented development kereta cepat),” katanya. (bbs/mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan