Berdayakan Linmas untuk Jaga Ketertiban

BANDUNG – Keberadaan Linmas di Kecamatan Ujungberung memiliki prestasi membagakan. Sebab, sejak tiga tahun kebelakang kelurahan Pasirwangi memperoleh prestasi juara 3 dan juara 2 atas pemberdayaan Linmas untuk ciptakan keamanan kecamatan.

Camat Ujung Berung, Taufik Hidayat mengatakan, keberadaan Linmas disetiap Kecamatan memiliki arti sangat penting untuk menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan warga. Sebab, dengan luas  kecamatan 677 hektar Kecamatan Ujungberung memiliki jumlah penduduk 85.000 jiwa.

Dia menyebutkan, Kecamatan Ujungbberung sendiri terdiri dari lima kelurahan dengan jumlah Linmas sebanyak 327 orang. Jumlah ini belum termasuk didalamnya personil siskamling sebanyak 48 orang

“Di Kecamatan kami memperkuat dalam penertiban dan keamanan melalui linmas, siskamling, berkoordinasi dengan Kapolsek, dan pihak lainnya juga dengan stakeholder masyarakat,’’jelas Taufik ketika ditemui dalam acara Bandung menjawab kemarin. (29/1).

Dia menambahkan, tupoksi kecamatan untuk menciptakan keamanan melalui pemberdayaan linmas yang sudah di sebar 48 titik dari 5 RW dan selama melaksanakan tugasnya Linmas Ujungberung mendapatkan apresiasi dari Kapolrestabes Bandung. Sedangkan untuk alun-alun Ujungberung sendiri, ada 32 linmas kecamatan dan dibantu petugas PIPPK.

Dalam melaksanakan tugasnya para Linmas sering melakukan koordinasi antar warga dengan melakukan siskamling setiap malam berjumlah 10 orang. Bahkan, menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pihak lebih mengintensifkan pengamananlingkungan dengan melakukan ronda malam.

’’Kami tidak mau kecolongan, dan jika ada gangguan harus diditeksi lebih dini,”kata dia.

Untuk pelaksanaan Pemilu nanti, di Kecamatan Ujungberung ada 250 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan para Linmas ini sudah diberikan arahan untuk ikut melakukan pengamanan pada saat pencoblosan nanti.

’’Kita juga sudah berikan sarana prasarana yang disediakan diantaranya handytalky, kentongan, buku laporan, buku kejadian, pasir dan alat pemadam kebakaran dan borgol,”kata dia.

Untuk memberikan apresiasi, tenaga Linmas ini diberikan intensif  dan jaminan sosial berupa kepersertaan di BPJS Ketenagakerjaan.

’’Nah untuk Honor linmas kecamatan diberikan dari APBD sebesar Rp.1.250.000 sedangkan linmas kelurahan menyesuaikan dengan kebutuhan anggaram,’’ kata dia. (mg1/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan