Ajarkan Anak Cara Mengelola Uang Jajan

BANDUNG – Citi Indonesia (Citibank) penyaluran Coorperate Sosial Responbility (CSR) menggelar Citi Peka (Peduli dan Berkarya) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengatakan, Citi Indonesia berbagi program Digital Financial Literacy for Children bagi siswa sekolah dasar kelas 3, 4, dan 5 di lima kota Indonesia, khususnya di Bandung.

Menurutnya, kegiatan ini untuk memberikan motivasi kepada 100 orang tua siswa untuk memahami lebih jauh serta mengajarkan pengelolaan uang kepada anak di era digital.

Kegiatan dilaksanakan di SDN 191 Babakan Surabaya, Bandung ini merupakan Parenting Talkshow bertajuk “Anak Terampil Kelola Uang di Era Digital.

“Sejalan dengan fokus bisnis Citibank yang mengedepankan digitalisasi perbankan, Digital Financial Literacy for Children untuk memanfaatkan tren penggunaan gawai bagi pada anak-anak,”jelas Elvera ketika ditemui belum lama ini.

Edukasi ini9 akan memiliki manfaat lebih positif dengan memasukkan modul-modul edukasi keuangan dan pendekatan interaktif yang aman, komprehensif dan menyenangkan bagi anak-anak.

Namun, lanjut dia, upaya ini tentu tak terlepas dari dukungan para orang tua yang dapat membimbing anak-anak mereka untuk mengelola uang secara cermat dan tepat guna sehingga dapat memberikan manfaat keuangan di masa mendatang.

Dia menilai, anak-anak tingkat Sekolah Dasar cenderung menggunakan uangnya untuk tujuan konsumtif dan bukan untuk keperluan masa depan. Sebab, Berdasarkan data Money Management International, sebanyak 54 persen anak-anak usia di bawah sepuluh tahun menggunakan uang yang mereka miliki untuk memenuhi keinginannya.

’’ Jadi, hanya 28 persen anak-anak pada usia tersebut yang memilih untuk menyimpan lebih banyak uangnya untuk ditabung,”pungkas Elvira. (rls/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan