Debat Perdana Kurang Gereget

Di sisi lain, Joko Widodo terkait masih adanya calon anggota legislatif dari Partai Gerindra yang merupakan mantan koruptor. Menanggapi hal itu, Prabowo mengatakan pencurian itu memang salah, tapi yang paling penting diberantas adalah koruptor yang merugikan rakyat triliunan rupiah.

”Begini, kalau curi ayam, benar itu salah. Tapi kalau merugikan rakyat triliunan rupiah, itu saya yang saya kira harus habiskan di Indonesia ini,” ujarnya.

Capres Prabowo Subianto mengatakan tak jadi masalah jika seseorang yang sudah diproses hukum mencalonkan kembali menjadi anggota legislatif. Apalagi, menurut Prabowo, jika seseorang itu mempunyai kelebihan dan dihendaki oleh rakyat.

”Kalau kasus itu sudah melalui proses, dia sudah dihukum dan kalau memang hukum mengizinkan, kalau dia masih bisa dan rakyat menghendaki dia karena dia mempunyai kelebihan-kelebihan lain, mungkin korupsinya juga nggak seberapa, mungkin dia…,” kata Prabowo.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menonton debat capres perdana 2019 di rumah dinasnya. Pria yang akrab disapa JK itu bukan tidak diundang ke Hotel Bidakara, tetapi dia mengaku bahwa menonton di rumah bisa lebih santai.

JK pun mengenang saat lima tahun lalu ketika berada di podium debat bersama capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi). Dengan pengalaman tersebut, JK rupanya sempat memberikan pesan kepada Kiai Ma’ruf Amin yang saat ini maju sebagai cawapres Jokowi.

”Ya, tenang saja pak. Kan sudah berpengalaman, Pak Jokowi juga sudah berpengalaman lima tahun lalu. Apalagi kan sebenarnya pertanyaan-pertanyaan yang disusun sudah diketahui, sudah diberikan,” kata JK di rumah dinasnya, Jakarta, Kamis (17/1).

Dia yang ditemani Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi terlihat lebih santai dan lepas. JK mengenang, saat ia debat dulu, pernah salah menjawab pertanyaan mengenai piala adipura. Buat JK, itu adalah hal yang lazim.

Dia juga menilai pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sebelum debat bisa memudahkan pasangan calon dalam menjawab pertanyaan. Ditambah lagi sudah ada simulasi sebelum debat.

”Sebelum debat ya simulasi dulu. Kalau ditanya gini jawabannya apa. Jawabannya gimana, tidak melihat penonton/kamera,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan