Setelah PUPR Giliran Satlantas Koplain Pekerjaan Galian PLN

CIMAHI– Terjadinya kemacetan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi akibat adanya pengerjaan galian kabel yang dilakukan oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kota Cimahi mendapat banyak protes.

Setelah sebelumnya pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota cimahi, kini giliran Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Cimahin yang sedikit berang.

Kepala Bagian Operasi (KBO), Satuan Lalulintas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar, mengatakan, seharusnya pihak PLN memberikan pemberitahuan kepada Satlantas Polres Cimahi agar pihaknya bisa memberikan imbauan kepada pengendara.

“Akibat adanya pengerjaan itu trotoar tidak berfungsi, sehingga pejalan kaki harus turun ke jalan dan itu bisa menjadi rawan kecelakaan,” kata Dudi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (15/1).

Menurut Duddy, adanya galian tersebut juga kerap menyebabkan kemacetan terutama saat jam sibuk atau saat pagi dan sore hari. “Kalau pekerjanya mengerti dan bertanggung jawab dengan kelancaran lalu lintas, seharusnya kalau ada tumpukan bekas galian secepatnya diangkut agar tidak menghambat arus lalu lintas,” ujarnya.

Duddy mengaku, sejauh ini pihaknya PLN belum berkoordinasi dengan Satlantas Polres Cimahi terkait adanya galian tersebut, namun demikian, pihaknya tetap membantu untuk melancarkan arus lalu lintas dan tetap akan mendukung adanya upaya pembangunan yang manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat.

“Wajib kita dukung (pembangunan), tapi yang kita harapkan ada komunikasi saja, agar kami bisa memberikan imbauan ke pengguna jalan ataupun meberikan masukan kepada pelaksananya,” kata Duddy.

Sementara itu, Supervisor Teknik di Unit Layanan Pelanggan (ULP) Prima PLN UP3 Cimahi, Ayi Hermawan mengklaim permasalahan mengenai pengerjaan galian kabel sepanjang ruas jalan di Cimahi hanya masalah miskomunikasi.

“Hanya miskomunikasi saja, ada beberapa tahapan birokrasi yang tidak kita tempuh. Ini akan jadi pembelajaran buat kami. Nanti akan langsung menghubungi pihak terkait, seperti Pemkot Cimahi dan Polres Cimahi,” kata Ayi, di Kantor PLN UP3 Cimahi, Jalan Amir Machmud, Cisangkan, kemarin.

Ia juga mengakui, memang sejauh pihaknya banyak menerima pengaduan dari masyarakat, termasuk dari pihak kepolisian yang merasa tidak diberitahu mengenai adanya pelaksanaan pengerjaan galian di ruas jalan Cimahi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan