Trauma Tinggal di Lokasi Bencana

Proses pencarian lahan relokasi sendiri akan dibantu oleh Pemerintah Desa Sinaresmi. Pasalnya, pemerintah desa yang lebih tahu terkait tempat relokasinya. ”Diusahakan relokasinya di tempat yang dekat,” ucapnya.

Sehingga konsepnya nanti ialah pemerintah desa yang mengusulkan. ”Lahan diusulkan desa, nanti dicek,” ungkapnya.

Kades Sirnaresmi Iwan Suwandri mengatakan, lokasi relokasi tidak akan jauh dari tempat bencana longsor. Menurutnya sudah ada beberapa lahan yang bisa digunakan.

”Ada dua lahan yang bisa digunkakan di sekitar tempat ini. Kalau tidak rawan, bisa dipakai,” terangnya.

Namun lahan tersebut harus dibeli karena sudah menjadi milik warga. ”Pemda yang menyediakan. Lahan ada, tapi harus dibeli,” pungkasnya.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memuji masyarakat sekitar bencana karena jiwa sosialnya masih tinggi.

”Satu nilai positif yang diambil dari penduduk Sukabumi di desa ini. Bahkan kita temukan semangat dan kesetiakawanan sosialnya masih tinggi,” ujar Agus Gumiwang, kemarin (3/1).

Menurutnya, keluarga yang kehilangan rumah tidak perlu mengungsi di tenda. Keluarga korban selamat diterima secara terbuka oleh warga lain.

”Korban yang selamat diterima dengan tangan terbuka oleh warga lain yang beruntung. Diberikan tempat tinggal, makan dan sebagainya,” ucapnya.

”Semangat sosial masih tinggi ini harus terus menerus dipelihara,” pungkasnya seperti dilansir laman rmoljabar. (rmo/aga/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan