Berdayakan Desa dengan Program OVOC

Rencananya setiap desa akan mendapat modal dasar Rp 100 juta, dan Emil menyebut per Januari 2019 akan ada 600 desa yang mengikuti program OVOC di mana permodalan selanjutnya akan dibantu perusahaan-perusahaan.

”Selanjutnya ada bjb dan lain-lain. Kalau sudah bergulir masuk ke ekonomi sebenarnya,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, dalam pengembangan desa tentu butuh modal yang tak sedikit. Karena itu, Pemprov telah menyiapkan skema permodalan yang menggandeng perbankan yakni melalalui bank bjb.

”bjb punya siapa? Punya Pemprov, jadi bunganya jangan terlalu mahal dan sebagainya, jadi ada kekhususan kekhususan. Kita mendirikan bank bjb itu untuk diri kita sendiri,” sambungnya.

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko yang melaksanakan tugas Direktur Utama bank bjb, Agus Mulyana menjelaskan, bjb selama ini selalu mencermati potensi perekonomian di desa-desa. Pihaknya juga selalu berupaya menyelaraskan kegiatan usaha bank bjb dengan program Pemprov melalui produk dan program pemberdayaan desa, yaitu program PESAT bank bjb bagi desa.

”Dengan produk tersebut, bank bjb dapat hadir sebagai bank yang produk-produknya dapat diakses sampai dengan wilayah administratif di bawah kecamatan atau desa. Dan guna menyukseskan program ini, maka berbagai unsur akan dilibatkan, baik dari pemerintah, non-pemerintah, maupun masyarakat,” tambah Agus.

Unsur pemerintah antara lain meliputi Kemendagri, Kemen Desa-PDTT, OJK, Pemprov Jawa Barat melalui Perangkat Daerah Leading Sector-Non Leading Sector. ”Selain bank bjb, juga terdapat unsur non-pemerintah lainnya seperti Badan Usaha Swasta, Perguruan Tinggi di Jawa Barat, dan sejumlah asosiasi masyarakat,” sebutnya.

Agus juga memaparkan, dalam program OVOC, unsur masyarakat diikutsertakan seperti lembaga masyarakat di desa, mulai dari BPD, LPM, RW, PKK, Karang Taruna, Posyandu, dan BUMDesa. Selain itu, terdapat kelompok seniman dan cendikiawan, sesepuh kampung adat di Jawa Barat, LSM, Ibeka, hingga pondok pesantren di Jawa Barat. (igo/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan