Monstera, Pasar Bebas, dan Kaum Milenial

Monstera adalah tanaman hias yang populer sebagai penghias ruangan. Menurut riset, selain membuat suasa­na menjadi lebih sejuk, tana­man hias yang diletakkan di dalam ruangan juga bisa mendongkrak produktivitas dan meningkatkan kebaha­giaan. Tak hanya unik namun tanaman ini mampu mem­berikan kesan eksklusif pada ruangan, selain itu juga mam­pu meningkatkan kualitas udara berkat produksi oksigen terutama pada malam hari

Permintaan Pasar

Dengan meningkatnya per­mintaan pasar dan petani ta­naman hias yang masih bersi­fat tradisional pengeloaannya sehingga sangat sulit untuk memenuhi tingginya permin­taan tersebut. Terlebih lagi sejak adanya pasar bebas, ta­naman hias plastik memban­jiri pasaran. Lagi-lagi ibu-ibu milenial yang sangat sibuk dan sedikit sekali waktunya untuk melakukan perawatan tanaman hias asli. Tentu akan lebih me­milih praktis dan tetap menda­patkan unsur keindahan dari tanaman hias plastik.

Bunga asli dianggap kein­dahan tidak dapat bertahan lama, selain itu jika kita meng­gunakan tanaman hias asli kita harus menganti dalam beberapa hari karena tanaman hias asli mudah layu jika di­simpan di dalam ruangan. Belum lagi perawatannya yang cukup intens, setiap harinya harus mengganti air di dalam vas agar tanaman hias bisa selalu tampil segar. Karena tidak begitu efisien, banyak yang memilih tanaman hias plastik sebagai dekorasi peng­ganti tanaman hias asli.

Namun hal ini benar-benar membuat para petani tanaman hias sangat dirugikan, pihak dekorasi misalnya cukup me­madukan antara tanaman hias asli dan tanaman hias plastik, sehingga hanya 50 persen saja dari dekorasi yang bisa disuplai oleh petani ta­naman hias.

Dukungan pemerintah

Pemerintah harus segera mengambil tindakan, jika tidak bukan hanya tanaman hias monstera saja yang akan turun produksinya, namun semua jenis tanaman hias. Adanya fasilitas budidaya sampai ke pasar, dari hulu ke hilir misalnya. Kemudian adanya gerai-herai untuk ta­naman hias diharapkan mampu memperpendek jalur distribusi, memotong mata rantai yang panjang.

Dukungan pemerintah me­mang sangat diperlukan, terutama di hilirnya, yaitu pasar. Karena dengan dibuat­nya pasar khusus tanaman hias hal ini akan memudahkan para petani tanaman hias menjual hasil produksinya. Dengan adanya pasar ini lah diharapkan jaminan harga yang layak diperoleh sehing­ga para petani tanaman hias tetap dapat bertahan dalam era globalisasi yang penuh persaingan. Karena sejauh ini para petani tanaman hias tidak mempunyai bargaining power dalam menentukan harga. (**)

Tinggalkan Balasan