Menangkal Degradasi Nilai

Pendidikan Pancasila perlu mendapatkan tempat isti­mewa dalam dunia pendidi­kan kita. Tujuannya agar nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila tersebut sungguh-sungguh diamalkan dan diimplementasikan dalam kehidupan peserta didik di sekolah, sehingga peserta didik memiliki pegangan hidup dalam berpikir, bertindak, dan bertutur kata di sekolah, kelu­arga, dan masyarakat. Pe­serta didik merasakan sendi­riinternalisasi nilai-nilai to­leransi, saling menghargai, berbuat adil, menjaga per­satuan, musyawarah, dan pengakuan terhadap keane­karagaman.Setiapanak di­dik untuk saling menghar­gai, saling membantu satu sama lain.

Degradasi nilai perlu diatasi bersama-sama. Keluarga, se­kolah, masyarakat dan agama bergandengan tangan untuk mendidik dan mengininterna­lisasikan nilai-nilai hidup yang telah menjadi pedoman hidup bersama sehingga ke depan kita menghadirkan generasi- yang beriman dan takwa, ber­perilaku teduh, lemah lembut, taat hukum, menghargai nilai-nilai kemanusiaan dan panca­silais, mau hidup bersama sebagai sesama anak-anak bangsa.

Marinus Waruwu, Kandidat Doktoral Administrasi Pen­didikan Universitas Pendidi­kan Indonesia, Spesifikasi Kajian Research Kepemim­pinan Pendidikan. (*)

*Kandidat Doktoral Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia

Spesifikasi Kajian Research Kepemimpinan Pendidikan

Tinggalkan Balasan