Ingin Tahu Minat dan Bakat Anak? Begini Cara Mudahnya!


“Setiap anak bermimpi untuk memiliki peran yang bermanfaat di lingkungannya ketika mereka tumbuh dewasa kelak.”

Dalam masa pembentukan karir anak, peran orangtua, guru, sekolah, dan lingkungan sekitar sangat penting untuk dapat memberikan kesempatan sebanyak mungkin dan mengenalkan berbagai pilihan karir yang ada di masyarakat.

Dilla Tria Febrina, M.Psi.,
 Psikolog Pendidikan

Bandung Champion City (BCC) hadir sebagai salah satu media pembelajaran yang membantu orangtua dalam memfasilitasi anak untuk mengeksplorasi lingkungannya melalui berbagai jenis pekerjaan yang disediakan. Dengan adanya wahana edutainment ini, anak dapat menambah wawasan mereka tentang informasi mengenai profesi tersebut. Anak juga belajar untuk berpikir, merasakan, dan bertindak saat menjalani pekerjaan yang mereka mainkan.

Melalui aktivitas bermain peran di BCC, anak juga belajar untuk memecahkan masalah, belajar mengambil keputusan, dan belajar menyesuaikan diri dengan perubahan yang mungkin terjadi saat menjalani profesi tersebut.

Selain itu, dengan bermain di BCC, orangtua juga dapat mengamati beberapa pilihan pekerjaan/profesi yang anak minati. Hal ini dapat menjadi bahan diskusi dengan anak mengenai kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki dan dikembangkan, serta langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bisa menjalani profesi tersebut. Dengan demikian, BCC dapat membantu anak untuk membangun keyakinan positif dalam dirinya bahwa ia dapat mencapai karir yang ia impikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan