Anugerah Seni Budaya Tuai Kritik

Bahkan, DSB sempat mela­kukan protes terhadap pe­merintah terkait kriteria ke­layakan peserta yang mem­peroleh penghargaan. Dan awalnya pihak DSB tidak akan turut campur dalam acara ini. Namun, belakangan diketahui malah DSB merekomendasi­kan beberapa nama kepada pihak panitia untuk mene­rima penganghargaan.

”Sekarang nama yang diusul­kan malah jadi pemenang. Kan lucu. Saya berpikir ada konflik kepentingan di sini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga (Dis­budparpora) Kota Cimahi, Ero Kusnadi membantah, pelaks­anaan Anugrah Seni dan Bu­daya Kota Cimahi terlalu di­paksakan karean hanya untuk menyerap anggaran saja. Sebab, sebelum acara digelar, pihaknya, sudah mempersi­apkannya secara maksimal dengan melibatkan akade­misi dan para pelaku seni yang ada di Cimahi.

”Konsep yang kita bangun adalah hasil dari koordinasi dan konsultasi dengan bebe­rapa pihak, terutama dengan Institut Seni Budaya Indone­sia (ISBI),” ungkapnya.

Kendati demikian, Ero mengakui, memang gelaran acara tersebut masih banyak kekurangan, lantaran baru pertama kali dilaksanakan. Namun, pihaknya sudah berupaya secara maksimal agar acara berjalan sukses.

”Sebenarnya kita juga me­libatkan Kelurahan untuk mengusulkan dan merekomen­dasikan seniman dan bu­dayawan yang ada didaerah­nya untuk ikut diseleksi dalam rangka pemberian anugrah ini,” bebernya.

Saat disinggung terkait ada­nya kritikan dari berbagai pelaku seni, Ero mengatakan, semua orang bisa berpendapat apapun, namun apabila ma­sukan itu positif maka, pihaknya akan menerima semua masu­kan yang datang sebagai bahan koreksi dan evaluasi yang akan dilakukan pada kegiatan yang akan datang.

Sedangkan terkait adanya nama peroleh penghargaan yang belum berkontribusi terhadap Cimahi, bahkan namanya tak dikenal sama sekali, Ero menegaskan, semua penerima penghargaan sudah melalui seleksi yang ketat. Sebab penerima penghar­gaan harus orang yang ber­dedikasi dan mempunyai loyalitas yang tinggi dalam pelestarian dan pengembangan seni budaya di Kota Cimahi.

Selain itu, para penerima anugrahe juga harus orang yang berkontribusi terhadap peles­tarian seni itu sendiri dan yang lebih penting mereka juga ha­rus konsisten dan berprestasi.

Tinggalkan Balasan