Bupati Luncurkan 3 Aplikasi Lingkungan

SOREANG – Bupati Bandung Dadang M. Naser meluncurkan 3 (tiga) program pembangunan di bidang lingkungan. Ketiga program tersebut adalah Ap­likasi Sabilulugnan Hiji Dua (Sajiwa), Badega Lingkungan dan Program Pilah Sampah Jadi Rumah.

“Ketiga program ini bertu­juan untuk memberikan edu­kasi dan penyadaran kepada masyarakat, dalam menanga­ni lingkungan, sampah, sani­tasi, leuweung, penghijauan, sampah dan air,” ucap Dadang ketika ditemui kemarin (12/11).

Selain 3 program tersebut, Dadang juga meluncurkan 4 (empat) instruksi Bupati Tahun 2018 di antaranya tentang Sinergi Pembangunan Per­desaan, Konserasi Sumber Daya Air dan Pengelolaan Sampah Organik melalui Pem­buatan Lubang Cerdas Orga­nik (LCO), tentang Konser­vasi Berbasis Ibadah dan Kesejahteraan melalui Satapok dan terakhir Nomor 4 tentang Gerakan Sabilulungan Pen­gurangan Penggunaan Plastik.

Dia mengaku, pihaknya telah bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung, da­lam menindak para pembuang sampah sembarangan dan pencemar sungai dari pabrik.

“Guna memperkuat upaya ini, ada gerakan pendataan dan pengamanan mata air di Kabu­paten Bandung oleh Wanadri, gerakan Sabilulungan Tanam Pohon Kesayangan (Satapok), kader-kader saber diperbanyak, dan juga tadi ada badega ling­kungan yang akan menjaga dan melaporkan jika ada pelanggar-pelanggar lingkungan,” terangnya.

Dadang menambahkan, setiap program dapat berjalan efektif maka semua elemen masyarakat harus ikut bergerak. Sebab, berbi­cara masalah lingkungan berarti kita bicara peradaban dan perilaku.

’’Merubah kebiasaan yang salah menjadi lebih baik. Untuk ke depannya kita harus ada kebersamaan, kita terus berikan edukasi dan sosialisasi, agar semua lapisan masyarakat sa­dar akan pentingnya menjaga lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Ku­sumah mengungkap, puncak acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Sawala Kampung Sabilulungan Bersih (Saber).

“Minggu lalu kami meng­gelar Sawala Kampung Sa­ber. (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan