Melalui Lokakarya, BATAN Tingkatkan Kerja Sama dengan Mitranya

Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir, BATAN, Hendig Winarno menjelaskan, BATAN telah melakukan promosi hasil litbangnya kepada masyarakat dan telah menjangkau 31 provinsi yang ada di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua Barat. Promosi tersebut dilakukan dalam bentuk kerja sama dalam kegiatan Pendayagunaan Hasil Litbang Iptek Nuklir (PHLIN) dan dalam bentuk kerja sama penelitian berupa demoplot pertanian.

“Kerja sama yang dijalin antara BATAN dengan pihak mitra dilakukan dalam bentuk kontrak kerja pertahun, dan dapat dilanjutkan pada tahun berikutnya, bila hasilnya baik dan kedua belah pihak masih ingin melanjutkan,” kata Hendig.

DIa menambahkan, kerja sama dalam rangka PHLIN tersebut dilaksanakan melalui beberapa tahapan yakni sosialisasi, pemberdayaan, kemandirian dan kemitraan. Kerja sama tersebut dapat diperpanjang apabila daerah atau mitra menunjukkan hasil yang baik dan meningkat ke tahapan berikutnya.

Dari hasil kerja sama ini, Hendig berharap mitra atau daerah dapat berkembang secara mandiri dalam memanfaatkan hasil litbang BATAN. “BATAN berharap mitra daerah dapat berkembang secara mandiri dan terbentuk usaha di daerah untuk memproduksi hasil litbang BATAN untuk memenuhi kebutuhan benih di daerah, sehingga penyebarannya semakin luas,” tandasnya.

Menurut Hendig, kendala yang sering dihadapi dalam menjalin kerja sama dengan pihak mitra adalah perubahan organisasi dan personel pejabat pihak mitra di daerah, hal ini mengharuskan pihaknya menjalin koordinasi ulang agar kerja sama yang telah dirintis dapat berjalan dengan baik. “Dengan adanya lokakarya ini diharapkan BATAN mendapatkan banyak masukan dari para mitra dalam pengembangan hasil litbang dan kegiatan di bidang pertanian dan bidang lainnya di daerah menjadi lebih baik,” pungkas Hendig. (rls/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan