4.220 Pelamar CPNS Ikuti Tes

NGAMPRAH – Sebanyak 4.220 pelamar CPNS terdiri dari laki-laki 1.486 dan perempuan 2.734 mengikuti tes CAT yang bertempat di Universitas Telkom, Kabupaten Bandung, hingga Minggu (4/11/2018). Mereka harus bersaing memperebutkan total 328 formasi yang tersedia.

“Rangkaian tes sudah dimulai hingga Minggu yang disatukan dengan Kabupaten Bandung karena untuk KBB tidak menjadi lokasi yang menyelenggarakan tes seleksi CPNS,” kata Kasubid Pengadaan dan Mutasi Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB Faisal Firdaus, kemarin.

Faisal menyebutkan, pelamar yang tertarik untuk mengisi formasi CPNS di Pemkab Bandung Barat tidak hanya berasal dari KBB. Dari total 4.220 pelamar yang asli warga KBB hanya sebanyak 1.820 orang, lalu ada dari Kabupaten Cianjur 369, Kota Cimahi 360, Kabupaten Bandung 821, Kabupaten Purwakarta 107, Maluku, Wonogiri, Palu, dll. Sebagian besar mereka mengincar posisi bidan sementara dokter spesialis minim pendaftar karena banyak yang terbentur usia.

Di hari pertama ujian pada Kamis (1/11/2018), lanjut dia, peserta tes CPNS KBB sebanyak 58 orang mengikuti jadwal ujian Kabupaten Bandung dengan pelaksanaan tes di sesi kelima mulai pukul 16.30-18.00 WIB. Di hari Jumat dan Sabtu dari ujian sesi pertama sampai lima semuanya merupakan peserta dari KBB. 

Sementara di hari terakhir, Minggu (4/11/2018) peserta ujian dari KBB berlangsung hingga sesi tiga, untuk sesi keempat dan kelima mereka adalah peserta ujian untuk CPNS Kabupaten Bekasi.

“Tesnya untuk sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB selama satu setengah jam (90 menit), kemudian berlanjut ke sesi berikutnya. Bagi peserta yang terlambat, mengacu kepada Peraturan Kepala BKN No 8 Tahun 2018 maka dinyatakan gugur dan tidak ada ujian susulan,” ujar Faisal.

Disinggung alasan kenapa KBB tidak menjadi tuan rumah penyelenggaraan tes CPNS, Faisal menyebutkan, karena keterbatasan petugas pengawas dari BKN. Oleh sebab itu bagi kabupaten/kota yang berdekatan dan membuka penerimaan CPNS, maka melaksanakan ujiannya bisa bersama-sama. 

Materi ujian yang dilakukan mencakup Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari intelegensi umum, kepribadian, wawasan kebangsaan, serta terakhir Tes Kompetensi Bidang (TKD).

“Hasil dari Tes Kompetensi Bidang diambil tiga besar, untuk kemudian berdasarkan jadwal pengumuman akhir siapa yang diterima dan tidak dilakukan pada 3 Desember 2018,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan