STKIP NU Indramayu Adakan Lomba Baca Puisi dan Pidato

INDRAMAYU – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) NU Kaplongan Kabupaten Indramayu menggelar lomba baca puisi dan pidato. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati bulan bahasa yang dirayakan setiap Oktober.

Lomba baca puisi dan pidato tingkat SMA/SMK/MA sederajat itu diikuti puluhan siswa dari wilayah III Cirebon. Sebanyak 88 siswa ikut serta menampilkan potensinya menjadi yang terbaik.

Selain trofi, 3 peserta lomba baca puisi dan pidato terbaik mendapat sertifikat serta uang pembinaan. Sementara bagi 3 harapan terbaik peserta lomba baca puisi dan pidato mendapat sertifikat serta uang pembinaan.

Lomba baca puisi dan pidato menjadi agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPBSI) STKIP NU Indramayu. Selama dua tahun diadakan HMPBSI, lomba baca puisi dan pidato disambut antusias para siswa di wilayah III Cirebon.

Ketua STKIP NU Indramayu Tobroni MPd MSi mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi mahasiswanya tersebut. Terlebih di era milenial, nilai adiluhung bahasa Indonesia mulai terkikis; terkontaminasi bahasa asing yang jauh dari identitas dan budaya bangsa.

Sehingga menurut Tobroni, melestarikan bahasa dan sastra Indonesia sebagai identitas bangsa menjadi penting. Harapnnya, dari kegiatan perayaan bulan bahasa, menjadi refleksi, terutama para remaja, untuk lebih mencintai identitas bangsa dan budaya tersebut.

“Ke depan, perayaan bulan bahasa maupun kegiatan serupa agar dipertahankan dan dikembangkan lebih kreatif lagi. Sehingga, para siswa, sebagai generasi penerus pelestari bahasa, lebih terinspirasi,” pesan Tobroni. (hsn/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan