Bawaslu Soroti Praktik Politik Uang

Sementara itu, Ketua Kode Inisiatif Veri Junaidi mengatakan bahwa menang tidak melulu dengan politik uang. ada banyak success story di dalam proses pemilihan. Walaupun kata Veri ada upaya baik mendekat kepada memilih memberi jamina ketika pemilih akan memberikan aspirasi secara baik.

“Memang ada isu krusial dalam pemilu kita, kami melihat isu politik uang mesti jauh jauh hari didorong ke ruang publik. Sebenarnya banyak pihak yang ingin menyuarakan ini, caleg pun dan partai akan sangat senang kalau pemilu berjalan berintegritas. Tiak ada politik uang sehingga tidak banyak uang yang dikeluarkan,” kata Veri di tempat yang sama.

Dia menyampaikan ada kekhawatiran dari para caleg. Mereka (Caleg-caleg) latah jika kemudian tidak melakukan politik uang. ” Ada kekhawatiran jangan-jangan saya kalah,” imbuhnya.

Veri menuturkan terkait dengan politk uang sebenarnya dengan regulasi yang jauh memperluas pun tantangan penegakan hukum akan jadi lebih sulit. “Dalam pemaknaan lebih sempit terkait dengan pelaku, siapa subjek yang dikenakan dalam politik uang. Itu akan jadi tantangan dalaam proses penegakkan hukum dalam politik uang,” terang Veri

“Persoalan politik uang ini selain memang harus dikuatkan dari segi penegakan hukum, tentu perlu upaya preventif dan kolaboratif yang dilakukan bagi semua pihak. Kolaboratif dalam artian jangan sampai nanti ketika caleg sudah kencang mau tegakkan anti poltik uang tapi penegak hukum tidak berjalan. ini yang akan terus jadi problem,” pungkasnya.(ZEN/FIN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan