Emil Minta Segera Lantik Benny Jadi Sekda

Wali kota, kata dia, seharusnya patuh atas perintah yang sudah dikeluarkan mendagri selaku pimpinan pusat. ”Bayangkan saja perintah atasan tidak digubris, bagaimana dengan masyarakat kecil yang harus dilayani mungkin akan lebih dari itu bisa jadi dibiarkan,” sambungnya.

Dia mengungkapkan, bila berkaitan dengan aturan keuangan daerah selaku pengguna keuangan daerah adalah Sekda, ini suatu kesalahan fatal apabila Plh.

”Sekda menandatangani keuangan daerah, sementara Sekda definitif sudah ada namun tidak dilantik bisa jadi kedepan bila ada pemeriksaan keuangan akan disalahkan oleh BPK,” tandasnya.

Menurut analis kebijakan pemerintahan Unjani Wawan Gunawan menilai, wajar jika ada desakan agar Benny segera dilantik. Alasannya Ditjen Otda Kemendagri telah berkirim surat agar Pemkot Bandung segera melantik sekda dan eselon 2. Namun, kata Wawan, bisa saja Oded mengindahkan desakan Emil.

”Dalam sistem pemerintahan otonomi daerah sekarang, kepala daerah tingkat 2 atau kota/kabupaten itu bukan bawahan dari gubernur. Oded bisa saja tidak fatsun kepada RK, karena RK bukan atasannya Oded sebagai gubernur,” kata Wagoen sapaan akrabnya, kemarin (5/10).

Lain halnya dengan jabatan yang diemban Emil, kata Wagoen, gubernur merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat.

”Bisa (tidak mendengar Emil). Cuman karena mungkin (Oded) baru, alasannya menimbulkan pertanyaan. Kalau RK alasannya tidak menimbulkan pertanyaan. Nih ada surat, kalau alasan yang dikemukakan Oded menimbulkan pertanyaan,” jelas Wagoen.

Wagoen menyebut, persoalan ini merupakan adu kelincahan antara Oded dan Emil. Benny sendiri posisinya sekarang adalah Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Cimahi.

Wali Kota Bandung Oded M Danial, memberikan alasan kenapa dirinya belum mengambil keputusan untuk melantik Benny Bachtiar sebagai Sekretaris Daerah. Alasan utamanya sebut Oded lantaran masih banyak penolakan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bandung.

”Setelah Pak Ridwan Kamil menjabat Gubernur Jawa Barat dan saya jadi Plt. Saya menerima banyak aspirasi dari ASN Kota Bandung, yang ingin Jabatan Sekda diisi ASN yang berasal dari Pemkot Bandung. Wajar Jika saya mempertimbangkan aspirasi tersebut,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan