Bermain Game Yang Baik Dan Menyehatkan

BERMAIN game di komputer atau di konsol video game bagi sebagian orang adalah kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikan. Bermain game meningkatkan kemampuan berpikir, kan tetapi bermain game adalah aktivitas yang minim gerakan fisik. Selama bermain game hanya duduk dan hampir tidak menggerakkan tubuh sama sekali, dan kalau memang hobi bermain game, bisa saja duduk dalam waktu berjam-jam.

Sebenarnya punya hobi atau kebiasaan bermain game dalam waktu lama bukanlah hal yang terlalu buruk. Masalahnya, ada banyak pemain game yang menambah hobi bermainnya dengan pola hidup yang tidak sehat, entah itu kebiasaan bermain yang buruk ataupun pola hidup mendasar seperti makan, minum, dan istirahat yang kurang sehat.

Kalau dibiarkan, kebiasaan buruk tersebut akan merusak kesehatan fisik. Ujung-ujungnya malah tidak bisa lagi bermain game dengan nyaman atau bahkan sama sekali. Karena itu, sebelum terlambat, jagalah kesehatanmu dengan mengimbangi hobi bermain game dengan pola hidup dan bermain yang sehat, atau paling tidak menjaga kondisi tubuh.

Buat yang suka main game lama, perlu waspada. Untuk mendapatkan dampak baik secara maksimal dan memperkecil dampak buruk dari main game, ada baiknya membaca ulasan berikut ini.

Pemanasan Sebelum Bermain, Melakukan pemanasan ringan sebelum bermain game itu penting. Bayangkan kita bermain game dalam posisi duduk berjam-jam tanpa henti, tentu ini bisa sangat berbahaya kalau kamu tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu.  Mulailah dengan pemanasan ringan, seperti memutarkan kepala dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan. Lalu bisa juga dengan melemaskan jari-jari, lari di tempat, bahkan melakukan push-up. Durasikan pemanasan ini kurang lebih 10 menit.

Usahakan Istirahat, Banyak banget gamer yang melupakan  istirahat, padahal yang namanya istirahat itu penting untuk me-refresh tubuh, tangan dan mata. Meskipun sudah bermain dalam postur yang ideal, tubuhmu tetap perlu waktu untuk istirahat setelah beberapa lama. Istirahatlah setiap 30 menit atau paling tidak satu jam di sela sesi bermain.

Tidak perlu sampai harus melakukan peregangan atau gerakan olahraga. Cukup berdiri, lemaskan otot-ototmu, jalan-jalanlah sedikit di dalam ruangan, ke dapur untuk mengisi segelas air, atau keluar sejenak mencari udara segar selama dua sampai lima menit. Apapun itu, asalkan tubuhmu beranjak dari kursi dan matamu berpaling dari layar untuk kembali rileks dan santai. Setelah itu, lanjutkan sesi bermain. Tetapi, jika itu belum cukup segeralah tidur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan