Dua Gempa Besar Hantam Donggala

Gempa bumi berkekuatan 5,9 skala richter dan susulan sebesar 7,7 skala richter di Donggala, Sulawesi Tengah, ini terjadi satu bulan setelah gempa dahsyat Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Agustus 2018 lalu. Namun gempa di Lombok dan Donggala tersebut tidak berkaitan.

”Tidak ada hubungannya sama sekali antara gempa di Lombok dengan di Palukoro tadi, di Donggala. Hal yang berbeda, mekanismenya berbeda, sumber-sumber gempanya juga berbeda. Dan kedua daerah, baik di Lombok maupun di Donggala di sini juga memiliki sumber-sumber gempa,” tambah Bambang.

Dia menambahkan, gempa Donggala diikuti dengan gempa-gempa susulan, sebagaimana dengan gempa besar di Lombok. ”Berdasarkan historis yang kemarin di gempa Lombok, maka dengan gempa yang cukup besar ini kemungkinannya bisa sampai dua minggu ke depan akan terjadi gempa-gempa susulan. Namun kita belum menghitung karena datanya belum terkumpul semua, nanti akan dihitung berapa pastinya,” tambahnya.

Karena gempa susulan itu, lanjutnya, masyarakat diharapkan untuk tetap waspada apalagi kondisi bangunan yang sudah melemah setelah gempa besar. Mereka disarankan untuk menghindari rumah-rumah yang sudah tidak layak. (bbc/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan