Kang Emil Titip Wajah Alun-alun

BANDUNG – Meski belum mem­berikan keterangan langsung, namun Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil memberikan kisi-kisi pesan kepada enam kepala daerah (Kada) hasil pilkada se­rentak yang dilantik di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, hari ini (20/9). Salah satunya Alun-alun di setiap Ka­bupaten/Kota di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Ka­mil memang memberikan bocoran terkait wajah baru alun-alun pro­vinsi Jawa Barat. Kini dia mengung­kapkan harapannya untuk mengu­bah alun-alun seluruh kota yang ada di Jawa Barat. Hal ini diungkapkan Ridwan Kamil melalui Twitter mi­liknya, @ridwankamil, Rabu (19/9).

Dengan mengung­gah wajah baru Alun-alun Kota Bandung, pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga berharap, seluruh Alun-alun yang di Jawa Barat memiliki desain minimal sama seperti yang ada di Bandung. Harapan Ridwan ini berdasarkan aspirasi dari wali kota atau bu­pati yang ada di seluruh Kota atau Kabupaten.

”Karena begitu banyaknya as­pirasi dari wali kota/bupati, maka setiap Alun-alun di seluruh kota/kabupaten Jawa Barat akan didesain ulang dan mendapat hibah dari Pemprov,” paparnya.

Dia mengaku, setiap daerah akan didesain ulang untuk menjadi tempat keren, minimal seperti Alun-alun Kota Bandung. Sebab, alun-alun adalah wajah utama sebuah kota.

Selain mengubah wajah setiap alun-alun di Jawa Barat, sebelum­nya Ridwan Kamil juga berencana merevitalisasi Kalimalang, Kota Bekasi. Bahkan, Emil sudah mela­kukan observasi titik-titik di Kali­malang yang akan direvitalisasi.

Iwa Karniwa

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat

Sementara itu, kepastian pelan­tikan disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa setelah me­nerima surat dari Kemendagri. ”Alhamdulillah, surat dari Kemendagri sudah kita terima dan sudah dilaporkan kepada Bapak Gubernur Ridwan Kamil yang nanti akan memim­pin langsung sesi pe­lantikan,” ujar Iwa da­lam press conference di Ruang Kerja Sekda Jabar, kemarin (19/9).

Iwa mengatakan, kepala daerah ter­pilih hasil Pilbup dan Pilwalkot 2018 yang akan dilan­tik antara lain Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial-Yana Mulyana, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Be­kasi Rahmat Effendi-Tri Adhianto, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi Ahmad Fahmi-Andri Setiawan Hamami.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan