Kang Emil Titip Wajah Alun-alun

Kemudian, Bupati dan Wakil Bu­pati Bandung Barat Aa Umbara-Hengky Kurniawan, Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika-H Aming. Terakhir, Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir-Erwan Setiawan.

Iwa mengatakan, persiapan sudah dilakukan untuk mengawal rang­kaian acara yang akan digelar mulai pukul 09.00 tersebut. Di antaranya, Kepala daerah akan diinapkan di dua hotel, yakni Savoy Homann dan Grand Preanger. ”Khusus untuk wali kota dan wakil wali kota Bandung dari rumah pribadi,” ujarnya.

Bukan tanpa alasan. Keenam pasangan kepala daerah ini nanti­nya bersama Gubernur dan Wa­kil Gubernur Jabar akan berjalan kaki dari Hotel Preanger menuju Gedung Merdeka. Jalan kaki ber­sama ini merupakan napak tilas yang sempat dilakukan para ke­pala negara anggota Konferensi Asia Afrika (KAA). ”Sepanjang historical walk, mereka disambut 60 mojang jajaka dan 100 ang­gota paskibraka di sisi kiri dan kanan Jalan Asia Afrika,” urainya.

Sesampainya di depan Gedung Merdeka, kata Iwa, mereka akan disambut upacara dan kesenian adat Jawa Barat. Selanjutnya, ma­suk ke dalam Gedung Merdeka untuk melaksanakan pelantikan pada pukul 09.00.

Seusai pelantikan, enam kada tersebut akan dilangsungkan arak-arakan keliling Kota Bandung. Untuk kegiatan ini, sebanyak 14 delman hias siap mengantar 12 kepala daerah terpilih dan gu­bernur serta wakil gubernur Jabar.

Belasan delman hias ini akan diikuti mobil bak terbuka yang mengangkut mojang jajaka serta diikuti tujuh bus Bandros yang mengangkut jajaran muspida dari mulai Ketua DPRD Jabar, Kapolda, Pangdam hingga Sekda.

Dari Gedung Merdeka, kata dia, iring-iringan mengikuti arak-arakan akan melalui Jalan Braga, Viaduct, Wastukencana, Martadinata, Dju­anda (Dago), Sulanjana, dan ber­akhir di Jalan Diponegoro dan Gedung Sate. Iwa memastikan seluruh persiapan termasuk kan­tong parkir.

”Kami memohon maaf kepada masyarakat Kota Bandung mau­pun warga yang akan ke Bandung pada saat pelantikan ini. Diper­kirakan akan terjadi kemacetan di jalan-jalan yang akan dilalui ini. Mohon maklum,” tambah Iwa.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Provinsi Jawa Barat Emma Kusuma me­nambahkan, proses pelantikan Kepala Daerah Kabupaten/Kota akan dilakukan bertahap berda­sarkan Surat Kemendagri No 270/720 tanggal 29 Januari 2018.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan