Dorong Pensiunan Lebih Sejahtera

BANDUNG – PT Bank Mandiri Taspen (Mantap) terus berkomitmen menyejahterakan para pensiunan dengan membantunya berwirausaha. Para pensiunan didorong untuk berwirausaha dengan diberikan bimbingan, arahan hingga permodalan. Hal ini diungkapkan Operasional Manajer Bank Mantap Cabang Bandung Agus Sutjipto di sela event Aktif Bersama Mantap di Kantos Kas Bandung, Jalan Diponegoro, kemarin (16/9).

Agus mengatakan,  Bank Mantap memiliki visi dan misi menyejahterakan pensiunan. Menurutnya, hal ini sejalan dengan tiga pilar Bank Mantap yakni Mantap Sehat, Mantap Aktif fan Mantap Sejahtera.

”Mantap sehat itu kita rutin melakukan pemeriksaan dan konsultasi kepada para pensiunan, Mantap Aktif yaitu kita mengadakan program sosial. Sedangkan Mantap Sejahtera, yakni kita ingin para pensiun memiliki penghasilan,” ujar Agus.

Program kewirausahaan yang sudah berjalan salah satunya yakni budidaya ikan lele. Budidaya ini dijalankan oleh para pensiunan secara berkelompok. Selain itu, ada juga para pensiunan yang menginvestasikan uangnya ke dalam properti seperti kontrakan.

Di tempat yang sama, Kepala Cabang Utama Taspen Yusup Permana mengatakan, di Komunitas Mantap Indonesia (KMI) kini berganti menjadi Aktif Bersama Mantap  (ABM). Hal ini lantaran agar pensiunan di luar komunitas juga bisa ikut bersatu dan berbaur.

”Cabang Utama Bandung memiliki 130 ribu pensiunan yang meliputi delapan kota dan kabupaten. Sedangkan di Jabar sendiri mencapai 400 ribuan,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini Taspen meluncurkan smartcard. Kartu ini fungsinya seperti ATM dengan berbagai kelebihan. Pensiunan bisa mengecek hak-haknya lewat handpohne-nya.

”Untuk mendapatkan smartcard itu harus mengikuti pemeriksaan biomatrik. Saat ini sudah 70 persen, diharapkan Oktober bisa rampung 100 persen pendataanya,” ujarnya. (a2/jat/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan