Jabar Mestinya Jadi Primadona

Dasco menambahkan, tagar #2019PrabowoPresiden perlu lebih disuarakan. Dia mengajak para elemen simpatisan pendukung Prabowo-Sandi untuk proaktif menyebarkan tagar itu. ”Jadi, mari semua bekerja demi #2019PrabowoPresiden,” tandasnya.

Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengatakan, tagar yang diinisiasi Dasco lebih jelas dan tidak provokatif. Sah-sah saja mengampanyekan Prabowo presiden. Karena Prabowo sudah jelas diusung Partai Gerindra, PKS, PAN, dan Partai Demokrat sebagai capres dengan cawapres Sandiaga Uno.

Begitu juga Jokowi–Ma’ruf yang diusung sebagai capres – cawapres. Para pendukungnya sah-sah saja mengusung tagar #2019PresidenTetapJokowi. Karena mereka ingin Jokowi kembali menduduki jabatan presiden dua periode. “Hal itu dibenarkan dalam pemilu,” terang dia saat ditemui di Posko Cemara kemarin.

Tagar Prabowo presiden sangat berbeda dengan #2019GantiPresiden. Menurut anggota DPR dari Fraksi PDIP itu, gerakan #2019GantiPresiden tidak jelas kelaminnya. Dia menilai gerakan itu merupaya mengganti presiden di luar mekanisme pemilu. Jadi, kata dia, target utamanya adalah mengganti presiden. Namun, target itu gagal. Target kedua, terang Masinton, gerakan tersebut untuk menurunkan elektabilitas Jokowi dengan cara-cara provokatif.

Para pengusung tagar #2019GantiPresiden selalu menyatakan bahwa itu merupakan gerakan sosial. Padahal, sejatinya aksi tersebut merupakan gerakan politik. Yang menjadi inisiatornya juga politisi. Jadi, sudah sangat jelas. Penggagasnya politisi, gerakannya juga politik.

Kalau gerakan itu dianggap aksi sosial, kata anggota Komisi III itu, seharusnya mereka fokus membantu para korban gempa di Lombok dan sekitar atau mensuport para atlet yang sekarang berjuang meraih kemenangan di event Asian Games. “Bukan ingin mengganti presiden di luar pemilu,” tegas dia.

Terpisah, Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan gerakan #2019GantiPresiden itu memang bisa dianggap bagian dari kampanye yang belum waktunya. Dia menyebutkan semestinya bila ingin kampanye itu tak perlu menyebutkan ganti presiden. Tapi langsung saja menyebut memilih salah satu calon. ”Masa ganti presiden? Memangnya bagaimana? Jadi dengan sopan lah,” ujar JK di kantor Wakil Presiden, kemarin (28/8).

JK juga menampik anggapan bahwa aparat kepolisian dan intelijen berpihak. Dia menuturkan pengerahan aparat seperti polisi di daerah itu ditujukan mengatasi potensi pada kekacauan atau gesekan antara kelompok. ”Polisi tugasnya bukan soal politik. Mencegah adanya konflik. Karena ada juga orang tidak setuju. Tapi kalau bilang “pilih ini”, pasti tidak diapa-apain,” jelas JK.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan