Penebaran Bibit Ikan di Daerah Aliran Sungai Citarum

MAHASISWA KKNM Kelompok 29 Universitas Langlangbuana melaksanakan program unggulannya yakni pembersihan daerah aliran sungai (DAS) Citarum serta penebaran bibit ikan di wilayah RW 13 Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mengingatkan kembali kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian sungai Citarum. Untuk mendukung kegiatan tersebut, mahasiswa KKN Unla bekerjasama dengan Kodim 0618-12, Satgas Citarum Harum sektor 22 subsektor 12 dan komunitas Saung Kuya di RW 13.

Ketua Kelompok 29 KKN, Hendra Setiawan mengatakan bahwa secara khusus kegiatan ini merupakan tugas dari kampus Unla untuk turut serta dalam pelaksanaan program Citarum Harum. Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh Kel. 29 KKNM Unla diantaranya pemberian bibit ikan, alat kebersihan, kegiatan bersih lingkungan dan mancing bersama yang puncaknya dilaksanakan pada hari Minggu 19 Agustus 2018 kemarin.

Sementara itu, Sub komandan sektor 12 Sektor 22 Serka Abdulloh Fauzi, mengaku senang dan bangga terhadap kegiatan yang dilakukan KKNM Unla tersebut.

”Pemimpin kami memberikan apresiasi yang tinggi atas kreativitas dari rekan-rekan mahasiswa KKN UNLA, ternyata kegiatan ini menampik kabar bahwa mahasiswa kebanyakan kerjanya hura-hura saja. Nyatanya, mahasiswa Unla sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan menjaga lingkungan” ujar Abdulloh.

Sedangkan Sekmat Bandung Wetan, Pepen Efendi menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu momentum barisan muda dan milenial yang sudah seharusnya turut membantu menjaga kelestarian sungai Citarum.

”Ini adalah program yang sangat baik. Bilamana kita sebagai pemerintah memberikan penyuluhan secara terus menerus, yang ada masyarakatnya merasa bosan. Sudah seharusnya kita sebagai aparatur utama untuk mendorong inovasi anak muda dalam berbakti ke Negara, setidaknya terhadap sungai Citarum dahulu saja,” ujar Pepen.

Indriyati Kamil selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 29 KKNM Unla merasa terharu atas diterima dengan baiknya program-program yang ditawarkan kepada masyarakat. Hal ini terjadi karena koordinasi antara pihak Unla dengan pihak pemerintah terjalin sangat baik.

Seperti diketahui, bahwa Universitas Langlangbuana saat ini sedang menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa-KKNM di wilayah Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Program Citarum Harum di 16 titik wilayah, diantaranya adalah wilayah Bandung Wetan. Ketua Pelaksana KKNM Unla 2018, Tita Melia Milyane menyatakan bahwa khusus program Citarum, Unla berkoordinasi dengan Dansektor 21 serta Dansektor 22 dimana mahasiswa berkolaborasi dengan petugas di kedua sektor tersebut dalam merencanakan dan merealisasikan program-programnya. Selama ini, permasalahan di sepanjang DAS Citarum cukup beragam, namun ada satu kesamaan masalah yaitu masalah pembuangan sampah liar ke aliran sungai Citarum serta banyaknya masyarakat yang membuang limbah BAK dan BAB langsung ke sungai sehingga mencemari air dan lingkungan. (*/rls)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan