Wanita Hebat Peraih Medali Emas

Tiara unggul jauh dengan selisih lebih dari 9 detik dengan dua peraih medali lain. Atlet Thailand, Vipavee Deekaballes meraih medali perunggu dengan selisih 9,598 detik. Rekannya, Nining Purwaningsih, berada di posisi ketiga dan berhak meraih medali perunggu. Nining tertinggal 9,608 detik dari rekan senegaranya.

Pencapaian gadis asal Semarang, Jawa Tengah, ini sudah diprediksi karena ia menempati peringkat 13 dunia, meskipun beberapa bulan menjelang Asian Games 2018 ia sempat cedera pada telunjuk tangan tangan yang menyebabkannya tidak mengikuti pelatnas downhill di Melbourne, Australia.

Namun, atlet berusia 22 tahun itu akhirnya turun dalam ajang pemanasan Kejuaraan Asia MTB 2018 di Danao, Cebu, Filipina, pada Mei. Pada ajang itu ia meraih posisi tiga besar dengan catatan waktu tiga menit 51,700 detik untuk menempuh jarak 1.740 meter. Dengan catatan prestasi tersebut, perempuan kembali membuktikan kemampuannya untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah Asia.

Namun untuk keseluruhan, hingga pukul 18.00 WIB, Senin (20/8) kemarin, Indonesia sudah meraih empat medali emas. Selain dari ketiga wanita itu, satu perolehan medai dipersembahkan Khoiful Mukhib dari MTB nomor downhill putra.

Khoiful Mukhib unggul tipis atas peraih medali perak dan perunggu. Shengshan Chiang (Taiwan) dan Suebsakun Sukchanya (Thailand) berada di posisi kedua dan ketiga dengan selisih 1,497 detik dan 1,762 detik.

Selain empat medali emas, Indonesia juga sukses mengumpulakn 2 medali perak dan 1 perunggu. Pencapaian itu membuat Indonesia hingga pukul 18.00 WIB, Senin (20/8) kemarin menduduki posisi 3 di klasemen perolehan medali. (Gie/FIN/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan