KUA-PPAS Telambat, Sekda Jamin Tepat Waktu

BANDUNG – Meski pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Sementara (KUA-PPAS) 2019 sedikit terlambat dari jadwal seharusnya, Sekretaris Daerah Iwa Karniwa mengatakan pihaknya menjamin KUA PPAS 2019 selesai tepat waktu.

“Mungkin agak telat sedikit, tetapi selesainya bisa lebih cepat dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena berbagai hal kita dorong untuk disinkronkan,” tutur Iwa usai melaksanakan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) Persiapan KUA PPAS 2019 bersama DPRD di Ruang Kerja Ketua DPRD Jabar belum lama ini.

Iwa menjelaskan, pihaknya memastikan pelaksanaan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD 2019 bisa berjalan sesuai jadwal. Termasuk program visi misi dan program prioritas atau janji-janji politik Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar terpilih sudah masuk di dalamnya.

“Sekarang baru membahas jadwal saja belum kepada substansi pokok pembahasan seperti anggaran, program dan sebagainya. Jadwal yang disusun ini untuk memastikan semuanya berjalan tepat waktu,” kata dia.

Selain itu, untuk program Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar terpilih akan dibahas pada saat tahapan rapat pembahasan nanti dengan Tim TPAD ( Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah) dan saat ini proses penyusunan KUA PPAS sedang dalam tahapan pembahasan jadwal.

“Sudah masuk (KUA-PPAS), prosesnya jadwal pembahasan. Materi yang dibahas barusan jadwal. Kalau untuk materi pembahasannya nanti di khusus pembahasan,” katanya.

Sedangkan untuk substansi nomenklatur sudah masuk dalam perencanaan teknokratik yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar. Sejak awal, Iwa sudah menugaskan langsung Bappeda untuk memantau visi misi calon gubernur terpilih..

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat, Dadang Suharto mengatakan, saat ini KUA-PPAS masih dalam tahap penjadwalan pembahasan, dan mulai pembahasannya pada malam ini.

“Sehingga, saat ini belum bisa memberitahu program-program prioritas di 2019 mana saja, terutamanya visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar terpilih apakah bisa masuk 100% atau seperti apa,” tambahnya.

Sedangkan Anggota Badan Anggaran DPRD Jawa Barat, Yod Mintaraga menyesalkan pembahasan KUA PPAS terlambat dari jadwal yaitu, seharusnya Juli 2018 sudah selesai tetapi ini sudah masuk ke Agustus baru dibahas jadwal pembahasannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan