Babinsa Harus Tingkatkan Kemampuan

BANDUNG – Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar terkait profesionalisme dan kesejahteraan anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa). Salahsatunya, dirinya telah menginstruksikan Menteri Keuangan untuk menaikkan tunjangan kinerja Babinsa setahun lalu.

Mulai Juli ini sebut dia tunjangan Anggota Babinsa di seluruh Indonesia naik. Hal itu dikatakan Presiden saat apel Babinsa se-Indonesia, di Hanggar KFX/IFX PT Dirgantara Indonesia, Lapangan Udara (Lanud) Husein Sastranegara, Bandung, Selasa (17/7) siang.

Untuk memastikan intruksinya sudah dilaksanakan Presiden melakukan pengecekkan realisasi kenaikan tunjangan tersebut. Sebagai informasi Anggota Babinsa Tipe A mendapat tunjangan dari Rp 104.000 per bulan menjadi Rp 900.000 per bulan. Sementara Aggota Babinsa Tipe B dari Rp 440.000 per bulan menjadi Rp 1.200.000 per bulan.

”Setahun lalu saya perintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memisahkan anggaran untuk menaikkan kinerja Babinsa,” kata Presiden dihadapan 4.500 Babinsa se Indonesia, kemarin.

Presiden juga sempat melontarkan pertanyaan pada para Babinsa yang hadir. ”Saya ingin bertanya apakah sudah diterima kenaikan tunjangan kinerja Babinsa?” tanya Presiden. Para Babinsa pun dengan serentak menjawab, “sudah!”

“Benar sudah diterima?” tanya Presiden memastikan. Dan, kembali dijawab para Babinsa dengan menjawab, “Benar, betul.”

Dikatakan Presiden, kenaikan tunjangan diberikan karena Babinsa berada pada posisi barisan terdepan dalam menjaga keamanan, kedaulatan, ketertiban yang ada di desa-desa. Dia mengingatkan, negara Indonesia merupakan Negara yang sangat besar, ada 74.000 desa, dan ada 60.000 Babinsa di seluruh tanah air.

Untuk itu, Presiden berpesan ke segenap anggota Babinsa untuk ikut membantu menghadapi tantangan yang dihadapi bangsa ini ke depan, yang semakin hari bukannya semakin mudah, tetapi semakin besar dan semakin sulit.

Tantangan yang dihadapi ke depan itu, menurut Presiden Jokowi, baik itu kemiskinan, kesenjangan, infrastruktur. Oleh sebab itu, Presiden menekankan, kerja keras anggota Babinsa dalam ikut membangun negara ini, terutama memberikan kestabilan politik dan keamanan sangat diperlukan bagi lancarnya, cepatnya pembangunan di negara kita.

”Kemampuan teritorial Saudara-saudara harus terus ditingkatkan, diperbaiki. Kemampuan tumbuh cepat, lapor cepat, kemampuan manajemen kemampuan penguasaan wilayah, detail satu per satu rumah-rumah harus terus ditingkatkan,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan