Sempat Terjadi Gangguan Akses Proses Biometrik

Agus juga menunjukkan bahwa dirinya mendapatkan gelang orange. Gelang orange itu pertanda bagi jamaah kategori resiko tinggi (Resti). Dia mengungkapkan masuk kategori Resti karena baru menjalani operasi tiroid. Suara Agus juga masih terdengar serak. Dia berharap bisa menjalani ibadah haji dengan lancar.

Koordinator Bidang Kesehatan Embarkasi/ Debarkasi Asrama Haji Jakarta Pondok Gede Anas Ma’ruf menuturkan di kloter 1 ada 392 orang yang diperiksa. Jumlah awalnya 393 orang, tetapi ada yang meninggal dunia. “Yang meninggal dunia laki-laki usianya 80 tahun,” tutur Anas.

Dia mengatakan dari seluruh jamaah yang diperiksa, ada 283 orang atau sekitar 72,19 persen yang masuk kategori resti. Penyebab status Resti itu umumnya berusia lebih dari 60 tahun.  Kemudian juga ada sejumlah penyakit lainnya. Menurut Anas tingkat jamaah Resti yang terdata itu masuk kategori cukup banyak.

Selain itu ada seorang CJH perempuan berusia 43 tahun yang dirujuk ke RS Haji Jakarta di Pondok Gede karena anemia. Ia berharap jamaah yang dirujuk ini Isa segera pulih. Sehingga keberangkatannya hari ini tidak mengalami penundaan. “Kita pantau terus kondisi kesehatannya,” kata dia.

Terkait banyaknya CJH berstatus Resti, Anas berharap petugas kesehatan kloter lebih proaktif. Mendatangi atau visitasi setiap kamar jamaah di Saudi nanti, untuk kontrol kesehatan. “Tidak sekedar menunggu ada jamaah yang datang, memeriksakan kesehatannya” jelasnya. Saat-saat krusial untuk memantau kesehatan jamaah diantaranya saat jamaah baru tiba di Saudi, sebelum wukuf, dan waktu-waktu lain yang membutuhkan fisik prima untuk beribadah. (wan/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan