Dua Inovasi Pemkot Dapat Top 99

Aplikasi E-Satria dikhususkan untuk wajib pajak ‘Self Assessment’ di antaranya restauran, hotel, tempat hiburan, parkir dan pajak penerangan jalan.

Selain aplikasi E-Satria, ada inovasi Mini Lab Security dari Dinas Pengan dan Pertanian Kota Bandung. Ini merupakan inovasi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan konsumen dalam mengkonsumsi bahan pangan segar.

Terkait program Mini Lab Security, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliah menjelaskan, inovasi tersebut dapat memfilter secara langsung pangan yang akan dibeli oleh konsumen sehingga terjaga kemurniannya.

“Inovasi ini akan sangat berguna bagi masyarakat. Sebagai kota yang memiliki tingkat konsumsi cukup tinggi, Kota Bandung memerlukan pengawasan dan pemeriksaan pangan yang lebih intensif dan secara langsung,” jelas Elly.

Menurut Elly, konsumen perlu mengetahui keamanan pangan. Terlebih di pasaran, banyak bahan pangan yang mengandung zat kimia berbahaya.

“Untuk menjaga keamanan masyarakat kota Bandung, Dinas Pangan dan pertanian menguji dan memeriksa pangan segar yang dijual atau diedarkan. Baik di pasar tradisional maupun pasar modern dan distributor ataupun di agen,” jelas Elly.

Bagi Elly, inovasi pertama di Indonesia ini akan membuat masyarakat lebih tenang dalam memilih pangan untuk dikonsumsi. Dengan waktu yang sangat singkat, konsumen bisa mengetahui kandungan yang ada di dalam bahan makanan.

“Seperti contoh melalui halal tes. Kita cuma butuh waktu satu menit untuk mengetahui kandungan dari pangan tersebut. Melalui pemeriksaan Mini Lab Security, bahan pangan di 8 holding company pasar modern dan 36 pasar tradisional di Kota Bandung bisa kita jamin keamanannya,” tutur Elly. (bbs/rls/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan