Geser Persija Jakarta

Hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan, skor 1-0 untuk Persib akhirnya bisa dipertahankan. Berkat kemenangan ini, Maung Bandung merangsek ke posisi 7 klasemen dengan koleksi 21 poin.

Koleksi poin Persib sama dengan Persija Jakarta dan Madura United. Meski lebih unggul selisih gol, tapi Persib kalah head to head dari Persija dan Madura United. Dengan tambahan tiga angka ini, Persib merangkak naik ke posisi ketujuh klasemen sementara Go-Jek Liga 1 2018 dengan raihan 21 poin, sama dengan Madura United di posisi kelima dan Persija Jakarta di posisi keenam.

Sementara itu, OH In-Kyun mendadak mendapatkan sanksi larangan bermain dua pertandingan dari Komite Displin (Komdis) PSSI. Anehnya itu terjadi menjang laga melawan PSIS.

Dilansir laman resmi Persib, merujuk kepada Surat Keputusan Komdis PSSI Liga 1 dengan nomor, 088/L1/SK/KD-PSSI/VII/2018, tentang Kasus Pelanggaran Disiplin, tertanggal 4 Juli 2018, In-Kyun terbukti melakukan pemukulan kepada pemain Persija Jakarta, Sandi Sute saat Persib dijamu Persija di Stadion PTIK, Sabtu 30 Juni 2018 pekan lalu.

”Merujuk kepada pada 49 ayat (1) d dan (2) Kode Disiplin PSSI, Sdr Oh In-Kyun dihukum larangan bermain sebanyak dua (2) kali, pada pertandingan PERSIB vs PSIS Semarang, tanggal 8 Juli 2018, Perseru Serui vs Persib, tanggal 12 Juli 2018,” bunyi surat Komdis bertandatangan Asep Edwin Firdaus selaku ketua.

Selain absen dua laga, gelandang asal korea selatan ini pun dikenakan denda sebesar Rp 25 juta oleh Komdis. Meski begitu, sesuai dengan Pasal 119 Kode Disiplin PSSI, Persib masih bisa melakukan banding atas keputusan tersebut.

Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (Persib) langsung melayangkan surat protes kepada PSSI atas keterlambatan surat Salinan Keputusan Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Dengan melampirkan sejumlah bukti di antaranya salinan surat Komdis yang baru diterima 8 Juli 2018 pukul 00:33, Persib melayangkan protes. Dalam surat yang ditandatangani Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono, Persib memohon agar sanksi kepada Head Coach, Ofisial dan Pemain untuk ditunda.

Keterlambatan pengiriman surat itu membuat Persib merasa dirugikan. Sebab, Inkyun sudah masuk skema yang diracik Mario Gomez. Dan pada pertandingan semalam nama Oh In-Kyun pada masuk dalam daftar susunan pemain (DSP). Nama In-Kyun yang akan bekerja sama di lini tengah dengan Dedi Kusnandar.  (vpc/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan