Canangkan Desa Cerdik Patuh Sabilulungan

“Kabupaten Bandung ini adalah yang pertama kali mencanangkan upaya pencegahan dan pengendalian PTM di Jawa Barat. Saya pikir ini sangat menginspirasi daerah lainnya, karena PTM sangat mematikan dan mahal dalam pengobatan. Maka pencanangan ini sangat memungkinkan menjadi strategi penting untuk menurunkan resiko bagi masyarakat mengalami PTM,” ungkap Dodo.

PTM yang menjadi penyebab kematian utama adalah stroke dengan resiko 21 persen, yang keduanya penyakit jantung 12,9 persen, kemudian ketiganya komplikasi diabetes melilitus dengan hipertensi yang menyebabkan gagal ginjal dan PTM mematikan terakhir adalah kanker.

Untuk menekan atau mengurangi resiko penyebaran PTM, Dodo mengajak semua pihak untuk mau mencari pengetahuan, meningkatkan kesadaran secara masif dan bagi pemerintannya, memenuhi ketentuan sarana pelayanan kesehatan.

“Mudah-mudahan Cerdik Patuh Sabilulungan menjadi ikhtiar untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian, dan Jabar mengawalinya melalui Kabupaten Bandung, semoga bisa menjadi inspirasi bagi desa lain di Jawa Barat, “ paparnya. (yul/yan)

Tinggalkan Balasan