Akomodir Janji Kampanye Cagub Terpilih

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menilai visi misi serta program kerja gubernur dan wakil gubernur yang menang dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 adalah langkah penting bagi kemajuan. Visi misi serta program kerja tersebut nantinya akan dibahas dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2018 atau 2019.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar, Iwa Karniwa mengungkapkan, pembasahan tersebut adalah langkah proaktif yang dilakukan Pemprov Jabar. sebab, proses penyusunan anggaran harus tetap berlangsung dan tidak boleh terhambat dengan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Jawa Barat.

“Sebelum tim transisi dari Cagub dan Cawagub Jawa Barat terpilih masuk, kami sudah menghimpun visi misi dan janji kampanye,” kata Iwa di Bandung (01/07).

Dikatakan Iwa, melaui tim khusus yang dibentuk oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat, pihaknya menghimpun semua visi misi serta program kerja semua kandidat Pilgub Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan agar ketika proses rekapitulasi suara berakhir pada 9 Juli mendatang, pihaknya sudah memiliki bahan program dari calon.

“Secara tidak langsung kita sudah mengakomodasi janji kampanye pemenang Pilkada supaya sejalan. APBD itu nanti akan seiring dengan kepentingan pusat dan hasil pembahasan Musrenbang,” kata dia.

Iwa menjelaskan, program kandidat terpilih sudah bisa dimasukan dalam APBD Perubahan 2018. Pasalnya, ketika disahkan pada September hingga Oktober 2018, anggaran yang disusun dalam periode Gubernur dan Wakil Gubernur Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar sudah berakhir.

“Kami tidak ingin ada masalah ke depan, jadi arah kebijakan anggaran kita harus seiring dengan calon terpilih,” kata dia.

Lebih lanjut, Iwa mengatakan, pihaknya melalui Bappeda Jawa Barat juga sudah mendokumentasikan seluruh janji kampanye kandidat tepilih. Menurutnya, janji-janji tersebut dimasukan dalam perencanaan umum oleh Bappeda dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jawa Barat.

“Tim ini sudah bekerja, jadi paling tidak gambaran mengenai program Cagub terpilih sudah bisa dicerminkan dalam pembahasan,” kata dia.

Untuk tahap selanjutnya, hasil pemantauan tersebut akan dimasukan dalam rancangan Peraturan Daerah (Perda) APBD Perubahan dan APBD 2019. Selain itu, lanjut Iwa, pihaknya juga mempersilakan kepada gubernur terpilih untuk melakukan dialog transisi yang dilakukan secara bersama-sama.

Tinggalkan Balasan