Luar Biasa! Rusia Singkirkan Spanyol Lewat Drama Adu Penalti

Setelah gol itu, Rusia terus menggempur pertahanan Spanyol. Beberapa kali Rusia mendapatkan situasi tendangan penjuru. Hingga akhirnya berbuah penalti dan sukses menyamakan kedudukan. Dzyuba sendiri telah mengemas dua gol di Piala Dunia 2018.

Rusia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 41 lewat penalti Dzyuba. Penalti diberikan wasit Bjorn Kuipers setelah Gerard Pique handball di area terlarang. Itu bermula dari sepak pojok yang disundul Mario Fernandes dan mengenai tangan Pique. Babak pertama pun diakhiri dengan skor 1-1.

Artem Dzyuba yang maju mengambil penalti berhasil menunaikan tugasnya. Tendangannya mengecoh kiper David De Gea dan membuat skor menjadi 1-1 beberapa saat sebelum turun minum.

Pada babak kedua, Spanyol sebenarnya tampil dominan. Mereka menguasai bola. Namun, jumlah serangan mereka minim. Sementara itu, Rusia bermain disiplin. Dengan menumpuk banyak pemain di belakang, Spanyol kesulitan melepaskan tembakan.

Dalam hal ini, Rusia memang menerapkan strategi parkir bus. Mereka hanya menunggu dan saat bisa merebut bola, langsung melakukan serangan balik cepat. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir.

Dalam perpanjangan waktu, Spanyol terus menekan pada 2 x 15 menit pertama dan kedua. Namun, pertahanan Rusia benar-benar disiplin. Selain itu, kiper Igor Akinfeev juga tampil gemilang dengan melakukan sejumlah penyelamatan gemilang.

Pada babak perpanjangan waktu, untuk pertama kalinya di Piala Dunia ada pergantian pemain keempat. Memang, aturan FIFA memperbolehkan mulai fase knock-out boleh memasukkan pergantian keempat dengan syarat laga berlanjut hingga perpanjangan waktu. Artinya, pergantian pemain keempat hanya boleh dilakukan di babak perpanjangan waktu. Ini merupakan aturan baru di Piala Dunia 2018.

Namun, babak perpanjangan waktu pun tak tercipta gol. Laga harus diakhiri dengan adu penalti untuk menentukan siapa yang lolos ke perempat final. Dan, Rusia yang tampil gemilang di babak adu penalti. Mental para algojo Rusia lebih matang. Mereka pun lolos ke babak perempat final.

Spanyol 1-1 Rusia
(Sergey Ignashevich 12-og – Artem Dzyuba 41-p)
Rusia Menang Adu Penalti 4-3

Adu Penalti
Spanyol
Andres Iniesta – Gol

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan