Survei Pilgub Saling Salip Angka

”Kenaikan elektabilitas pasangan ASYIK dan HASANAH, meskipun belum signifikan, disumbang oleh kenaikan wakil masing-masing yaitu Ahmad Syaikhu dan Anton Charliyan dengan kenaikan sekitar 2 persen sampai 3 persen. Sementara, pasangan RlNDU yang sekarang memimpin tipis disumbang oleh wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum yang mengalami kenaikan baik pengenalan (30 persen menjadi 37 persen) maupun elektabilitas personalnya dari 16 persen menjadi 18.4 persen tetapi sebaliknya pada Dedi Mulyadi yang semula unggul dan penyumbang terbesar elektabilitas Dua DM mengalami penurunan etektabilitas personalnya dari 38 persen menjadi 33 persen,” tegasnya.

Meskipun tidak dipotret secara khusus lewat survei kualitatif (FGD), alasanan penurunan Dua DM, khususnya Dedi Mulyadi diduga lebih karena mulai massifnya kampanye hitam (negative campaign) terhadap Dedi Mulyadi.

”Namun, Dua DM pada saatnya bisa saja diuntungkan oleh kecendrungan perilaku pemilih di lapisan grassroot yang tidak tersentuh kampanye hitam karena terbatasnya akses publik terhadap media dan medsos, juga masyarakat bawah yang belum kenal tiga pasangan lainnya kecuali Deddy Mizwar melalui iklan dan sinetron di TV. Sehingga, saat memilih nanti, mereka tahunya hanya Deddy Mizwar, tidak yang Iainnya,” pungkasnya. (rmo/nie/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan